Zhujiajiao Ancient Town

Saat ini kita hanya mengenal kota air yang indah di Venezia Italia, namun jika kita bisa sedikit jeli dan mencari sumber wisata air lebih banyak maka kita akan menemukan salah satu kota yang menjadi wisata air di kawasan Asia. Kota tersebut bernama Zhujiajiao yang termasuk kedalam wilayah Qingpu District, kota Shanghai, China. Kota ini terkenal dengan tata kota dan arsitektur yang berada dan lekat dengan perairan.

Sebagai sebuah kota yang dibangun dikawasan sungai dan perairan  Zhujiajiao merupakan sebuah kota tua kuno yang masih lestari dan diperhatikan keunikannya hingga sekarang. Selain kota Zhujiajiao sebenarnya masih ada kota lain yang juga memiliki tatakota dengan keunikan sungai lainnya di Shanghai, namun diantara kota-kota tersebut Zhujiajiao lah yang terbaik diantara kota air lainnya. Di kota ini bisa ditemukan sebuah sungai yang berkelak-kelok melewati sebuah kota yang tertata rapi, bangunan serta rumah yang berdiri dipinggir sungai memiliki teras yang memanjang menghadap sungai.

Sementara jembatan banyak terdapat diatas sungai yang mengalir, bukan hanya sekedar jembatan namun berupa jembatan kuno dengan berbagai material pembangun dari mulai batu, marmer dan kayu. Jembatan-jambatan tersebut sangat unik dan menjadi ciri khas bagi wisatawan, saking khasnya banyak orang yang bilang kita belum afdhol mengunjungi   Zhujiajiao kalau kita belum merasakan salah satu jembatan yang berjumlah sekitar 38 buah dan berdiri tersebar di sepanjang sungai.

Dari sekian jumlah jembatan yang ada di atas sungai kota Zhujiajiao tersebut, jembatan Fangsheng adalah jembatan yang paling besar dan paling tinggi diantara jembatan lainnya. Jembatan ini dibangun pada tahun 1571 dan memiliki ciri khas yakni tulisan “Dragon Gate Stone” serta terdapatnya ukiran naga. Selain dari pada jembatan Fangsheng jembatan lain yang tidak kalah menarik adalah jembatan Lang Bridge yang merupakan satu-satunya jembatan yang terbuat dari material kayu yang bisa ditemukan disini.

Selain jembatan, sungai, serta bangunan bersejarah yang menarik, Zhujiajiao juga memiliki sebuah taman klasik yang menarik. Taman tersebut bernama Ke Zhi Yuan yang merupakan salah satu taman terbesar yang ada di China. Taman ini berada di  Xijin Street dan memuat berbagai destinasi menarik bagi wisatawan yang pertama adalah adanya lapangan, bukit buatan serta area taman. Di salah satu spot yakni bukit buatan inilah akan ditemukan Moon View Pavilion ynag merupakan simbol dari Zhujiajiao yang terbuat dari bangunan lima lantai.

Untuk menuju Zhujiajiao bukanlah suatu hal yang sulit karena kita bisa menggunakan berbagai macam pilihan alat transfortasi umum, pilihan yang pertama adalah menggunakan bus Huzhu Special Line yang bisa ditemukan dari aochengdu Road kemuadian turun di Zhujiajiao Station. Atau bisa juga menggunakan alternatif bis wisata dari Shanghai Stadium. Untuk menikmati keindahan kota dengan menyusuri kota melalui peahu maka kita bisa merogoh kocek sebesar 80 Yuan.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *