Yang Harus Dilakukan Jika Kehilangan Paspor di Bangkok

Saat Anda berkunjung ke Bangkok bisa saja kehilangan paspor. Padahal surat ini sangat penting dimiliki saat berada di Bangkok. Kehilangan bisa karena sikap yang lalai, pelupa, tertinggal di suatu tempat, kecopetan dan lain sebagainya. Bila hal tersebut terjadi pada Anda jangan panik. Segera laporkan kasus kehilangan paspor yang menimpa Anda pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok. Sehingga Anda akan mendapatkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). Surat ini berguna sebagai ganti paspor yang hilang atau paspor sementara.

Hilang Paspor di Bangkok

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda serahkan dalam pengurusan Surat Perjalanan Laksana Paspor.
• Surat Keterangan yang menerangkan kehilangan paspor dari kepolisian Bangkok.
• Kartu Identitas Pribadi. Bisa berupa KTP, Akte kelahiran, Kartu Keluarga dan Akte Perkawinan.
• Menyerahkan fotocopy paspor, bila masih menyimpannya.
• Mengisi formulir permohonan SPLP yang dibubuhkan tanda tangan pemohon.
• Menyerahkan dua lembar pas foto sebesar ukuran foto di paspor. Latar belakang foto harus berwarna terang.
• Membayar biaya penerbitan SPLP yang biasaya sekitar 5 Dolar Amerika Serikat.

Bila persyaratan bisa dilengkapi proses penerbitan SPLP bisa berlangsung sekitar satu hari sampai seminggu. Proses itu bisa menjadi lebih lama lagi, bila Anda tidak bisa menyerahkan kartu identitas pribadi. Karena perlu waktu dalam mengecekan status kewarganegaraan dan identitas pribadi. Setelah SPLP itu terbit, Anda harus mengurus paspor yang hilang di Departemen Imigrasi sesuai kota domisili Anda.

Sebagai antisipasi disarankan Anda melaporkan diri ke KBRI setelah tiba di Bangkok. Apalagi bila Anda berkunjung di Bangkok lebih dari satu minggu. Tindakan ini sebagai antisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Ketika kehilangan paspor, pihak KBRI bisa lebih cepat menerbitkan SPLP. Karena data Anda telah tercatat pada KBRI setempat. Tidak hanya itu, tindakan lapor ini juga bisa sebagai antisipasi jika terjadi musibah. Sehingga pihak KBRI bisa dengan cepat memberikan pertolongan dan menghubungi keluarga bersangkutan.

Cara melaporkan diri sangat mudah. Cukup dengan menunjukan paspor dan dua lembar pas foto. Anda juga akan diminta mengisi formulir dan membubuhkan tanda tangan. Setelah itu pihak KBRI akan memberi cap khusus sebagai bukti Anda telah melaporkan diri. Jangan khawatir, Anda tidak akan dibebankan biaya apapun untuk melaporkan diri ke KBRI.

Alamat KBRI Bangkok adalah di :

Address :
600-602 Petchburi Road
Ratchatewi
Bangkok 10400
Thailand
Phone
local: (02) 252.3135
international: +66.2.252.3135
Fax
local: (02) 255.1267
international: +66.2.255.1267
Email    kukbkk@ksc11.th.com
Website    http://www.kbri-bangkok.com

Biasanya jika anda mengaktifkan ponsel saat pertama kali anda menginjakkan kaki di Bangkok, anda akan dikirimkan alamat KBRI melalui SMS dari operator yang anda gunakan di tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *