Wisata eksotis ke pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau di Indonesia yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo adalah habitat asli dari hewan karnivora bernama komodo. Pulau Komodo ini berada di bagian timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Hewan komodo ini adalah reptile langka yang. dilindungi di bawah peraturan Negara dan sebuah taman nasional, yaitu bernama Taman Nasional Komodo.

Tujuan wisata eksotis ke pulau komodo ini semakin terkenal setelah keikutsertaannya dalam new 7 natural wonder, dan dikenal dengan tempat sangat indah.

Jika anda ingin menuju pulau Komodo ini, dengan menggunakan pesawat udara dari Jakarta, anda harus transit ke Bali terlebih dahulu. Kemudian, perjalanan diteruskan menuju sebuah kota kecil di barat laut pulau Flores yaitu Labuan Bajo yang merupakan pintu untuk menuju Pulau Komodo. Adapun perusahaan penerbangan yang melayani rute Bali-Labuan Bajo diantaranya Transnusa, Wings Air dan Merpati, dengan waktu tempuh sepanjang perjalanan kurang lebih satu setengah jam.

Komodo-Dragon-420x0

Jika anda telah sampai di Pulau Komodo atau bisa di sebut Loh Liang, terlebih dahulu anda harus melapor dan membayar uang masuk ke pulau komodo sebesar 12.500 rupiah untuk wisatawan local, ditambah dengan biaya jasa pemanduan sebesar 50.000 rupiah untuk satu grup dan kamera seharga 5.000 rupiah. Di Pulau ini.

Sebelum melakukan perjalanan, akan seorang ranger yang menemani dan menjelaskan terlebih dahulu  kepada anda rute yang mana yang akan di lalui. Ada 3 rute yang bisa dipilih, yaitu short, medium dan long trekking. Untuk rute medium perjalanan yang ditempuh kurang lebih satu jam satu setengah jam. Populasi hewan Komodo yang berada di Pulau Rinca kurang lebih 1336 sedangkan populasi di Pulau Komodo sendiri lebish sedikt yaitu sekitar 1228 ekor .

Di sarankan jika anda wanita yang sedang dalam masa haid atau menstruasi baiknya tidak terlebih dahulu untuk melakukan perjalanan ini, karena penciuman komodo sangat tajambisa sampai belasan meter, hewan pemakan daging ini sangat peka dengan bau darah dan daging. Yang mengerikan dari hewan komodo ini adalah jika komodo sedang memangsa mangsanya ia pasti akan melahapnya sampai habis dan tak tersisa.

Taman Nasional Komodo Tergusur ke Posisi 17

Nah, jika anda di tengah perjalanan bertemu dengan seekor komodo lalu berusaha mengejar anda, disarankan anda lari dengan cara zigzag karena hewan berukuran besar ini tidak bisa berlari zigzag mengikuti anda. namun, tenang saja karena sepanjang perjalanan, ranger yang menemani anda pasti membawa tongkat kayu bercabang dua untuk menghalau komodo, yang terpenting jangan sampai anda terpisah dari grup karena ini sangat berbahaya.

Sebelum anda keluar dari pulau komodo ini, aka nada banyak penduduk lokal yang menjual berbagai souvenir-souvenir khas dari Pulau Komodo, mulai dari patung-patung komodo dengan berbagai macam ukuran sampai kaos, dan harganya bisa di tawar. Cocok untuk di jadikan oleh-oleh untuk orang terdekat di rumah.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi