Jangan Lewatkan Mahakarya Arsitektur yang Unik di Geghard, Armenia

Biara Geghard adalah sebuah tempat di  Kotayk Armenia yang sudah menjadi salah satu dari banyak keajaiban dunia Unesco. Tempat ini merupakan sebuah biara yang sangat cantik dan unik dengan keistimewaan tempatnya yang berada diantara sebuah tebing. Nama Geghard berarti sebuah tombak dalam bahasa Armenia, tombak ini merujuk pada sebuah tombak yang dahulu pernah melukai Yesus pada saat penyaliban yang meninpa dirinya. Tombak di percaya di bawa ke Armenia oleh seorang tokoh yang bernama Rasul Jude atau di dalam internal Armenia sendiri sering disebut dengan Thaddeus.

Sebagai sebuah biara, The monastery of Geghard dibangun pada jaman abad ke 4 oleh Gregory yang mengambil tempat dalam sebuah mata air suci didalam gua. Awalnya biara ini belum dinamakan The monastery of Geghard namun dinamakan sebagai biara gua, yang menyiratkan bahwa gua ini didirikan didalam gua yang cantik dan eksotis. Selain gua dan biara yang eksotis tebing yang mengelilingi komplek gua ini juga sangat indah dan menarik, jadi para pengunjung selain bisa berwisata spriritual juga bisa berwisata menikmati keindahan alam dan bangunan yang indah yang dibangun pada jaman dahulu dimana teknologi dan cara pembuatan sebuah bangunan belum secanggih sekarang.

Biara ini merupakan sebuah mahakarya karena dipahat dalam sebuah tebing yang indah dan kokoh, bahkan sebagian bangunannya dibangun dari gunung. Walaupun komplek biara dibangun sejak abad ke-4 namun katerdal utamanya dibangun pada tahun 1215. Saat Anda akan mengunjungi tempat ini biara akan berada diujung sebuah jalan, disekitar tempat tesebut sudah disambut dengan berbagai toko penjualan souvenir yang menjual berbagai produk dan bahan kerajinan khas daerah wisata tersebut. Saat masuk dalam komplek biara akan disambut dengan cukup banyak gereja yang satu sama lain saling berhubungan.

Biara ini terletak dalam sebuah kawasan tebing dan sungai yakni sungai azat, lalu ada juga sebuah ngarai bernama  Gegharda-dzor. Tebing yang tinggi dan terjal berpadu dengan banguann yang indah membuat The monastery of Geghard menwarkan keindahan alam tersendiri. Biara ini terletak di sekitar 5 km timur laut garni, dari semua gereja yang ada di dalam komplek The monastery of Geghard, gereja St Gregorius adalah merupakan sebuah gereja tertua dengan arsitektur yang kubo, gereja ini dibangun pada abad ke-7. Sementara objek menarik lainnya adalah gereja perawan, bangunan salib yang berasal dari kuartal ketiga abad ke-13  serta dua buah gereja yang dibangun pada tahun 1263, tidak jauh letaknya dengan makam sebuah keluarga terkenal di Armenia yakni pangeran Proshian. Dengan banyaknya objek menarik dalam komplek    The monastery of Geghard ini maka Anda bisa memasukan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Eropa.

 

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi