Tangkuban Parahu dan Kawah Putih

Tangkuban perahu merupakan sebuah objek wisata berupa gunung yang terletak di perbatasan Bandung dan Subang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter dan termasuk kedalam  gunung Stratovulcano dengan iklim saat siang hari mencapai  17 oC serta malam hari 2 oC. Gunung dikelilingi oleh hutan pinus yang ada disekitarnya serta hamparan kebun the yang asri dan menghijau di bagian bawahnya. Sehingga gunung ini menawarkan suasana sejuk khas pegunungan, udara yang asri serta pemandangan alam yang indah hasil dari pepohonan yang ada disekitarnya.

kawah putih
kawah putih

Saat ini gunung di kelola oleh perum perhutani dan masih dalam status aktif serta sesekali mengeluarkan uap belerang. Keunikan dari objek wisata alam gunung tangkuban perahu adalah keasrian dan kealamian alamnya, saat kita masuk kedalam kawasan kita akan disambut oleh pepohonan teduh dengan udara yang segar, jika cuaca mendung akan berselimut kabut tipis yang indah. Semakin keatas akan semakin dingin serta segar suasan yang didapatkan.

Di dalam Kawasan Gunung Tangkuban Perahu kita akan menemukan berbagai kawah yang unik dan indah, kawah tersebut adalah kawah ratu, kawah upas, dan kawah domas. Kawah domas adalah kawah pertama dan terdekat yang bisa di akses karena pengunjung bisa mendekati kawah dari dekat. Kawah kedua adalah kawah ratu yang merupakan sebuah kawah yang berwarna putih serta belerang yang berwarna kuning. Kawah yang ketiga adalah kawah upas, kawah ini lebih sulit untuk di temui karena berada diatas kedua kawah dan memiliki medan yang susah untuk di jangkau.

Untuk menuju Kawasan wisata gunung tangkuban perahu jika dar arah Bandung maka mengambil jalan ke arah utara menuju Lembang, dari Lembang masih tetap harus mengikuti jalan ke arah Subang. Tepat di sebuah perbatasan dan kawasan yang tinggi pintu masuk tangkuban perahu akan ada di sebelah kiri jalan raya, Harga tiketnya sekitar Rp.13.000/orang.

Kawah Putih

Jika di Bandung utara ada Gunung Tangkuban perahu, maka di kawasan Bandung selatan kita akan menemukan objek wisata Kawah Putih. Kawah putih merupakan sebuah objek wisata berupa danau kawah yang indah berwarna putih kehijauan warna tersebut berasal dari semburan lava dan belerang, kwasan wisata ini sangat indah dan jarang didapatkan di tempat lainnya.

Berbalut suasana desa serta berbagai kebun ciri khas pegunungan seperti bawang, strawberry serta perkebunan indah lainnya membuat kawah ini menjadi daya tarik tersendiri yang menyedot ribuan wisatawan untuk datang. Untuk menuju Kawah putih kita bisa menuju Soreang lalu menuju lagi kearah Ciwidey, letak gerbang kawah putih berada di sebelah kiri jalan. Jika Anda membawa kendaraan pribadi maka parkirlah di area pintu masuk lalu dilanjutkan menggunakan kendaraan jemputan karena jika parkir di area pintu masuk dikenakan harga parkir Rp. 150.000,00/mobil.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *