Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah adalah sebuah kawasan wisata yang ada di Indonesia, sesuai dengan namanya Taman ini merupakan sebuah refleksi mini dari kebudayaan dan adat istiadat dari berbagai daerah di Indonesia yang kaya. Dalam kawasan yang memiliki luas sekitar 150 hektar ini kita dapat menemukan berbagai wahan dan objek yang menarik yang menggambarkan kondisi serta keadaan bangsa dan budaya Indonesia yang kaya. Beberapa objek menarik dari taman mini tersebut adalah adanya sebuah danau yang merupakan sebuah gambaran dari kepulauan Indonesia yang luas. Kita bisa melihat semua gambaran pulau Indonesia tersebut dari atas melalui kereta gantung.

Konsep awal pembangunan Taman Mini Indonesia Indah ini bermula pada era orde baru dimana ibu negara kala itu yakni ibu tien merasa perlu untuk membuatkan suatu kawasan yang merangkum dan merefleksikan Indonesia dalam bentuk mini untuk menggugah rasa bangga dan nasionalisme kepada tanah air. Lalu melalui sebuah yayasan bernama  Yayasan Harapan Kita, mulailah dibangun ide serta gagasan brilian tentang taman mini tersebut.

Taman mini pertama dibuat pada tahun 1972 dan selesai dibangun pada tahun 1975, berbagai kekayaan budaya dari berbagai daerah di Indonesia pun di dirikan di Taman Mini ini. Dahulu taman mini ini mencakup kepada 33 provinsi di Indonesia, keadaan tanah di Taman Mini juga berbentuk agak berbukit, hal ini sesuai dengan kondisi bentangan alam Indonesia yang memang beragam dan tidak rata.

Di dalam Taman mini kita bisa menemukan berbagai objek yang menarik seperti Anjungan daerah, yang merupakan berbagai bangunan dan rumah dari berbagai suku dan daerah di Indonesia. Melalui objek anjungan daerah ini wisatwan lokal bisa melihat betapa kayanya negara yang mereka miliki dan membei gambaran kepada wisatwan luar bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan bangunan sesuai dengan daerah masing-masing.

Objek  yang kedua adalah Bangunan keagamaan yang mewadahi berbagai bangunan keagamaan dari berbagai agama di Indonesia, hal ini untuk mengingatkan bahwa selain kaya akan budaya dan suku Indonesia juga kaya akan keragam serta toleransi agama. Objek lainnya adalah sarana rekreasi yang meliputi Istana Anak-anak Indonesia, Kereta gantung, Taman Among Putro, Taman Ria Atmaja Desa Wisata dan lain-lain. Lalu ada Taman, Museum, Teater atau bioskop dengan kualitas IMAX.

Untuk menuju Taman Mini Indonesia Indah maka kita menggunakan angkutan umum bernomor KWK S 15A jurusan Ragunan – Taman Mini/Pinang Ranti, KWK T 01 jurusan Cililitan – Setu, KWK T 02 jurusan Cililitan – Cilangkap/Cipayung dan Koasi 40 jurusan Kampung Rambutan – Bekasi. Sementara jika naik Busway maka naik jurusan Pluit – Pinang Ranti lalu lanjut menggunakan angkutan umum bernomor  KWK S15A menuju taman mini.

Harga tiket untuk perorang dikenakan biaya sekitar Rp. 9.000,00 dan kendaraan dikenakan tarif berbeda sesuai dengan volume dan besarnya, untuk mobil dikenakan tarif Rp.10.000,00, Bus dikenakan biaya Rp.15.000,00 dan motor dikenakan baiay sekitar Rp.6.000,00. Setelah kita masuk dan mencoba berbagai wahana maka akan dikenakan biaya lagi sesuai dengan ketentuan.

 

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi