Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo atau SAU adalah sebuah sanggar tempat diselenggarakannya pertunjukan, pelatihan, pusat kerajinan tangan bambu, serta workshop dan pelatihan instrumen musik dari bambu. Tempat ini didirikan oleh seorang tokoh yang cinta dan peduli terhadap kesenian Sunda, tokoh tersebut adalah Udjo Ngalagenaatau biasa di panggil mang Udjo. Saung Angklung Udjo didirikan pada tahun 1966 dan bertempat di sebuah jalan bernama Jln. Padasuka 118, yang terletak di daerah Bandung Timur.

Saat ini Saung Angklung Udjo berdiri dalam sebuah kawasan dengan berbagai pohon bambu yang rindang serta halaman parkir yang luas. Setiap harinya akan banyak wisatawan yang datang berkunjung baik untuk melihat pertunjukan maupun untuk memperdalam kesenian Sunda khususnya Calung. Saung Angklung Udjo seolah sudah menjadi laboraturium dan tempat sharing mengenai kelestarian dan pengetahuan Angklung secara lebih mendalam, saat ini Angklung memang bukan lagi menjadi alat musik tradisional yang hanya di mainkan di even tradional namun sudah merambah ke pertunjukan bergengsi di hotel berbintang.

Berbagai sekolah dan perguruan tinggi pun banyak yang memasukan Angklung sebagai salah satu ektraskulikuler atau ukmnya. Angklung ini memang unik sebagai alat musik tradisional namun bunyi serta kemasannya tidak tradisional sehingga bisa cepat masuk dan diterima di masyarakat modern, penghargaan besar terhadap Angklung tidak hanya dari kalangan lokal saja namun UNESCO pun sebagai badan dunia sudah menetapkan Angklung sebagai warisan budaya dunia. Dengan melihat semua potensi tersebut maka wajar jika akhirnya Saung Angklung Udjo menjadi terkenal dan menjadi salah satu tujuan kunjungan wisatawan asing yang berkunjung ke Bandung.

Di Saung Angklung Udjo ini kita bisa menyaksikan pertunjukan Angklung yang dikemas dengan menarik. Kita juga dapat melihat proses pembuatan serta latihan memainkan alat musik tradisional ini. Untuk masuk kedalam Saung Angklung Udjo pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,00. Harga sebesar itu sudah termasuk untuk melihat pertunjukan Angklung yang menawan serta cenderamata sebuah Angklung yang bisa dibawa pulang.

Biasanya pertunjukan akan berlangsung selama dua jam antara jam 15.30-17.30 WIB dengan berbagai pertunjukan yang memikat penonton dengan berbagai hiburan kombinasi kreatif penunjang pertunjukan Angklung, seperti tarian anak-anak, wayang golek, pembelajaran Angklung dan lain-lain.

Untuk menuju Saung Angklung Udjo bisa ditempuh dengan dua cara yakni menggunakan kendaraan pribadi dan umum, jika menggunakan kendaraan pribadi maka kita mengambil jalur arah Cipularang- Jembatan layang-Cicaheum, kurang lebih sekitar 100 meter sebelum terminal Cicaheum ikuti arah ke Jalan Padasuka. Jika menggunakan kendaraan pribadi maka bisa menggunakan kendaraan umum 06 yang melayani rute Cicaheum-Ciroyom, naik saat akan menuju Cicaheum, turun di perempatan padasuka, dari sini bisa dilanjutkan berjalan kaki atau naik ojek karena tinggal berjarak 500 meter.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *