Museum Kuda dan Prajurit Terra-cotta Qin

The Museum of Qin Terra-cotta Warriors and Horses adalah museum tempat beradanya patung prajurit dan kuda yang mirip dengan postur dan keadaan aslinya. Jumlah patung prajurit berkuda tersebut jumlahnya ribuan dan disinyalir bertujuan untuk menjaga serta menemani raja sampai ke akhir hayat. Awalnya penemuan banyak patung prajurit dan kudanya tersebut ditemukan oleh para petani, setelah melakukan penggalian maka sampai saat ini sudah terkumpul dan ditemukan sebanyak  8000an patung, jumlah ini masih mungkin bertambah karena berbagai pihak masih percaya bahwa masih ada patung-patung lainnya yang tertimbun dalam tanah dan belum sempat ditemukan.

Luas dari wilayah situs ini sekitar 22,000 meter persegi dan terletak di wilayah kota Xi’an, Republik Rakyat China. Semua situs dan peninggalan menakjubkan yang ditemukan di Qin Terra-cotta diperkirakan dibangun pada sekitar 2200 tahun yang lalu dimana Kerajaan di China di pegang oleh kaisar pertama bernama Qin Shihuang, makam dari kasisar pertama tersebut pun berada tidak jauh dari situs tempat ditemukannya ribuan patung prajurit beserta kudanya jadi bisa diambil kesimpulan bahwa patung-patung tersebut memang “ditugasakan” untuk menjaga dan mengawal kaisar Qin Shihuang sampai ke akhir hayat.

Situs tempat patung prajurit beserta kudanya tidak ditemukan dalam tempat yang sama namun terbagi dalam tiga bagian. Bagian pertama merupakan tempat ditemukannya 6,000 prajurit beserta kudanya yang menempati ruangan terbesar, menariknya semua patung tersebut dalam posisi siap perang yang disinyalir merepresentasikan prajurit asli jaman dahulu, dari semua prajurit yang terlihat di ruang ini merupakan prajurit garda depan.

Selang 20 tahun kemudain ditemukankah ruangan kedua yang berisi 1,300 prajurit pemanah, caaleri serta kereta ini adalah prajurit yang biasanya berada dalam posisi tengah formasi dan bertuga menghancurkan formasi lawan. Lalu ruangan ketiga berisi 68 prajurit dan merupakan ruangan tempat prajurit bergelar tinggi dan utama dimana strategi dan taktik disusun dari sini.

Selain The Museum of Qin Terra-cotta Warriors and Horses di sekitar tempat ini juga ada tempat warisan bersejarah lainnya seperti Shi Huang Mausoleum, Museum Terracotta Pejabat Sipil, Museum Batu Armor dan Museum Acrobat Terracotta. Semua tempat tersebut saat ini sudah terintegrasi menjadi satu komplek tempat wisata yang digemari di China dan sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai negara untuk melihat patung prajurit yang masih terawat dengan baik. Untuk masuk kedalam wilayah The Museum of Qin Terra-cotta Warriors and Horses maka pengunjung dikenakan tiket sebesar 110 Yuan. Loket akan mulai dibuka pada pukul 8.30 dan ditutup pada pukul 17.30, sementara untuk bisa sampai di tempat ini bisa menggunakan berbagai jurusan bis.

 

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *