Merasakan Kemegahan Masjid Omar Ali Saifuddin di Bandar Seri Begawan

Kemegahan Omar Ali Saifuddin Mosque di Bandar Seri Begawan

Asia Tenggara merupakan kawasan yang penuh dengan potensi wisata yang sangat menawan. Banyak para pelancong mancanegara yang khusus mengunjungi negara-negara ASEAN demi menikmati keindahan alam serta budayanya. Brunei negara terkecil di kawasan ini juga tidak kalah menariknya, suasana negeri yang tenang dan nyaman ditambah dengan bangunan-bangunan apik bersejarah. Menawarkan wisata yang penuh dengan sensasi budaya Melayu yang berbaur dengan khasana Islam yang kental.

Banyak bangunan indah bersejarah di negeri Brunei Darussalam, sebut saja Omar Ali Saifuddin Mosque yang menjadi topik artikel ini. Berlokasi di Bandar Seri Begawan yang merupakan ibu kota dari Kesultanan Brunei. Masjid ini dikenal sebagai salah satu masjid yang paling layak dikunjungi di dunia.

Omar Ali Saifuddin Mosque menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Brunei. Masjid yang indah ini juga simbol dari agama Islam yang mendominasi di negeri kesultanan. Bangunan megah ini selesai dibangun di tahun 1958. Dirancang dengan desain arsitektur modern yang islami.

Desain Masjid Omar Ali Saifuddin

Bila diamati secara seksama maka masjid ini memadukan antara gaya arsitektur Mughal dan Italia. Seorang wisatawan dapat berlama-lama di kawasan masjid, bangunan yang besar menjulang tinggi di langit menggambarkan kemegahan karya agung di negeri Brunei.

Langit yang biru menjadi pemandangan yang jarang dinikmati oleh para pelancong yang tinggal di kawasan perkotaan. Namun di daerah masjid Omar Ali Saifuddin, langit biru akan berpadu dengan menara dan kubah yang tinggi.

Masjid ini berdiri kokoh pada tepian laguna buatan yang ada di wilayah Kampong Ayer (Kampung Air dalam bahasa Indonesia). Hamparan sungai Brunei terlihat begitu luas dari salah satu sisi masjid. Langit biru disertai dengan air biru yang berlimpah membuat suasana hati para wisatawan lebih damai dan tenang. Pikiran yang stres akan segera segar kembali.

Wilayah Brunei terlihat berbeda jauh bila dibandingkan dengan Indonesia, terutama masalah kebersihan. Masyarakat Brunei sangat sadar tentang keindahan dan kesehatan lingkungan. Maka jangan berani untuk membuang sampah sembarangan di sana, khususnya saat berwisata. Pelataran masjid Omar Ali Saifuddin pun akan terlihat bebas dari sampah dan barang yang tak enak dipandang mata.

Memasuki ruang utama masjid Omar Ali Saifuddin akan terlihat dinding yang penuh hiasan yang mewah. Apabila menengok ke atas, maka ukiran dinding kubah dari dalam yang indah penuh dengan kreasi seni melayu islami. Corak warna keemasan berpadu dengan warna putih dan merah.

Di saat malam hari pemandangan sekitar masjid akan lebih eksotis. Lampu-lampu masjid Omar Ali Saifuddin akan menyinari semua kawasan di sekitarnya. Cahaya yang terpantulkan oleh air sungai juga menambah pengalaman menarik dari para wisatawan.

Sekian tulisan mengenai tempat wisata di Brunei dan semoga perjalanan berlibur Anda menyenangkan!

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi