Menyusuri alam bawah laut di Bunaken

Bunaken adalah Pulau yang berada di Teluk Manado yang berada di sebelah utara pulau Sulawesi, Indonesia. Kota Manado, ibukota Sulawesi Utara, Indonesia ini merupakan letak dari Pulau Bunaken. Di sekitar pulau Bunaken terdapat Taman Nasional Bunaken yang di dalamnya terdapat Taman laut Bunaken. Taman laut Bunaken ini memiliki luas sekitar 75.265 hektar dengan terdapat lima pulau yang berada disana, yaitu: Pulau Naen, Pulau Mantehage serta beberapa anak pulaunya, Pulau Siladen, Pulau Bunaken, dan Pulau Manado Tua.

bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah perwakilan dari ekosistem perairan tropis yang ada di Indonesia yang terdiri dari ekosistem padang lamun, hutan bakau, daratan atau pesisir, dan ekosistem terumbu karang. Kawasan terumbu karang dan alam bawah laut di Bunaken merupakan yang terindah di dunia. Di bawah laut Bunaken ini terdapat karang cantik dan ikan-ikan tropis yang unik. Ada 40 tempat untuk penyelaman jika ingin menyusuri alam bawah laut di Bunaken.

Pemandangan  di dasar laut yang sangat indah memiliki sekitar 58 genus ikan-ikan serta terumbu karang dari 150 spesies di kawasan laut Bunaken. Selain terumbu penghalang, terumbu tepian jga mendominasi perairan pesisir. Para wisatawan dapat melihat dan menyelam kedalam air untuk melihat keindahan itu.

Di bawah permukaan air hingga 25-50 meter, terdapat hal yang menarik yaitu tebing karang vertical, di tebing tersebut binatang karang sudah teridentifikasi sebanyak 58 jenis. Karang yang berkulit keras sangat berjasa untuk membangun terumbu karang. Dari belalalinya yang mengeluarkan zat kapur sehingga membentuk terumbu karang. Tebing di bawah air memiliki banyak rekahan, celah dan ceruk, tempat untuk bersembunyi berbagai invertebrata jenis dan vertebrata laut.

Bunaken

Umumnya jenis-jenis ikan yang dapat dijumpai diantaranya: dansel, wrase, sweetlip, unicorn, trigger dan lain-lain.  Aktivitas lain yang bisa di lakukan selain menyelam seperti : berjalan kaki di atas teluk-teluk terpencil yang terletak di sebelah timur dan utara pulau, memancing di luar taman laut bisa dengan menyewa kapal atau pun bergabung dengan para nelayan local, menyusuri pantai terutama saat air surut, menyewa kapal pribadi atau bergabung dengan rombongan diveboat untuk melihat paus dan lumba-lumba.

Selain akan di suguhi dengan pemandangan laut yang indah, anda dapat bersantai sambil menikmati lezatnya makanan kuliner khas lokal. Terdapat banyak  restoran dan kafe di kawasan Taman Laut Bunaken dan pulau-pulau sekitarnya. Kuliner yang khas di sana biasanya adalah bubur manado, seafood dan berbagai makanan yang  terbuat dari kelapa. Bagi anda yang akan menginap di Bunaken anda tidak akan kesulitan untuk mencari penginapan, karena di daerah ini ini banyak sekali tempat untuk menginap, mulai dari hotel berbintang, sampai dengan losmen.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi