Mengunjungi Qutub Minar, Menara Kuno peninggalan Islam di India

 

Qutub Minar adalah sebuah menara kuno peninggalan salah satu tokoh islam jaman dahulu di kota Delhi India. Menara ini dibangun secara fenomenal karena dibuat dengan struktur batu bata dengan hiasan kaligrafi setinggi 72.5 meter. Tinggi menara yang menjulang membuat menara ini menjadi menara yang terbuat bata tertinggi di dunia dan menjadi salah satu menara tertinggi yang ada di India. Menara dibangun awalnya sebagai sebuah monumen kemenangan kerajaan Islam di sekitar daerah tersebut terhadap kerajaan hindu, lalu selain itu menara juga difungsikan menara masjid agar suara adzan  lebih terdengar dan pemantau keadaan yang membahayakan dari atas.

Sebagai sebuah bangunan peninggalan Islam di India, pembangunan Qutub Minar di prakarsai oleh Qutab Ud Din Aibak pada tahun 1192. Letak bangunan tepat berada di sekitar masjid Quwwatul Islam yang tidak kalah bersejarah sebagai salah satu masjid tertua yang ada di India. Dalam perjalanannya dari pertama didirikan menara Qutub Minar ini setidaknya sudah mengalami dua kali perbaikan yang dilakukan oleh Firoz Shah Tughlaq dan  Sikandar Lodi.

Sebagai sebuah menara yang tinggi Qutub Minar dibagi-bagi kedalam 5 lantai, kelima lantai tersebut tidak memiliki kesamaan satu sama lainnya namun memiliki ciri khas yang tidak terlepas dari kebudayaan islam seperti Kaligrafi yang banyak ditemukan sebagai penghiasa menara Qutub Minar. Lantai bagian satu sampai tiga menara dibuat dari material batu pasir merah sementara lantai empat dan lima dibangun dari material batu pasri dan marmer. Menara dibalut oleh berbagai ornamen kaligrafi yang indah bak gabungan beberapa seruling yang diikat, sementara menara yang tinggi ditopang oleh diameter menara bagian bawah sebesar 14,3 meter dan bagian atasnya berdiameter 2,7 meter.

Untuk semakin memudahkan dalam akses ke puncak menara maka didalam menara ada sekitar 379 anak tangga, awalnya pihak menara membuka kesempatan untuk para wisatawan untuk memasuki dan menaiki tangga menara untuk merasakan bangunan tersebut dari atas, namun sejak terjadi sebuah kecelakaan pada tahun 1981, akses untuk menaiki menara kemudian ditutup sebagai antisipasi keamanan yang mungkin akan selalu menghinggapi.

Selain memiliki menara yang megah di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat berbagai tempat lainnya yang tidak kalah menarik seperti masjid Quwwatul-Islam, Madrasa, Alai Minar, Alai Gate, dan Iron pillar. Semua tempat tersebut menarik dan mengahdirkan pengalaman seru jika bis mengunjunginya. Sebagai perwujudan apresiasi atas bangunan Qutub Minar, UNESCO pun telah menetapkan Qutub Minar sebagai salah satu situs warisan dunia.

Untuk menuju Qutub Minar maka bukanlah sesuatu hal yang terlalu sulit karena kita hanya perlu untuk naik metro line 2 yang melayani rute Jahangirpuri – Huda City Center. Dari pusat kota Delhi hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja.

 

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi