Mengagumi Taj Mahal, Bukti Cinta Suami kepada Istrinya Yang Tak Pernah Padam

Taj Mahal adalah sebuah objek wisata yang berada di Agra India, objek wisata ini merupakan sebuah objek wisata yang terkenal di India dan termasuk ke dalam salah satu keajaiban dunia. Keunikan dari tempat ini ada pada bangunannya yang indah, yang merupakan sebuah persembahan  cinta dari seorang suami terhadap istrinya.

Taj Mahal India

Adalah Kaisar Mughal Shāh Jahān yang merupakan sebuah penguasa yang hidup dijaman dahulu yang mempersembahkan bangunan Taj Mahal kepada salah satu istrinya yang nomor tiga yakni Arjumand Banu Begum atau terkenla dengan nama Mumtaz Mahal. Kaisar Mughal Shāh Jahān sangat mencintai istri ketiganya tersebut, sehingga saat istr tercintanya meninggal saat melahirkan anaknya yag ke 14, Kaisar Mughal Shāh Jahān begitu terpukul dan merasa sangat kehilangan.

Sebagai bentuk penghargaan dan kenangan kepada istrinya, Kaisar Mughal Shāh Jahān kemudian berniat untuk membuat sebuah monumen, lalu ditunjuklah Ustad Ahmad untuk melaksanankan proyek besar tersebut. Ustad Ahmad yang diberikan mandat untuk membuat sebuah bangunan yang merupakan kenang-kenangan tersebut kemudian mulai mengumpulkan berbagai ahli dari berbagai latar belakang yang berasal dari seluruh dunia. Para ahli seperti tukang batu, tukang emas, dan pengukir yang mencapai jumlah 20.000 orang pun dikumpulkan.

Bahan-bahan bangunan yang indah seperti marmer putih, permata, berlian, kristal dan bahan lainnya pun disematkan untuk mempercantik bangunan. Dilihat dari arsitektur dan hasil, bangunan Taj Mahal ini memang sangat simetris dan berkesinambungan seoerti memang dipersiapkan dan dibangun dengan sebaik-baiknya. Pusat dari bangunan adalah makam Mumtaz Mahal sendiri yang terletak di tengah-tengah, dan belakangan setelah sang suami wafat,  makam sang suami atau Kaisar Mughal Shāh Jahān pun diletakan disamping makam sang istri.

Dengan semua kekayaan dan kekuasaannya selama berkuasa memang sebuah hal yang wajar dan tidak mengejutkan seorang Kaisar Mughal Shāh Jahān bisa membangun tempat seindah dan semahal ini apalagi mengingat akan kecintaannya terhadap istri ketiganya yakni Arjumand Banu Begum atau Mumtaz Mahal yang terkenal masyur kecantikannya di India. Banyak yang belum mengetahui bahwa awalnya warna dari Taj Mahal tersebut akan hitam sebagai bentuk berduka sulta terhadap dunia namun rencana itu urung di laksanakan.

Dan menurut berbagai cerita saat Mumtaz Mahal akan menghadap yang kuasa di depan Kaisar Mughal Shāh Jahān beliau berkata bahwa sultan jangan menikah lagi dan membuatkan sebuah bangunan kenang-kenangan sebagai bukti cinta mereka berdua yang terpisahkan. Kaisar Mughal Shāh Jahān pun menyetujui, dan permintaan Mumtaz Mahal untuk membuatkan bangunan yang monumental serta dikenal ke seluruh dunia sekarang sudah kesampaian, hampir semua orang didunia mengetahui ada tempat yang indah bernama Taj Mahal di India.

Di tahun 2015 ini, sejarah tentang Taj Mahal bisa dinikmati di ANTV dalam serial Jodha Akbar. Letak Taj Mahal sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan Taksi dari New Delhi. Dan sepertinya menyewa taksi adalah moda transport terbaik jika anda tidak punya agenda lain di Agra selain ke Taj Mahal. Rute perjalanan bisa dilihat pada peta di bawah.

Cara Menuju Taj Mahal dari New Delhi
Cara Menuju Taj Mahal dari New Delhi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *