Malioboro Yogyakarta

Malioboro adalah sepenggal jalan yang terkenal di kota Yogyakarta, jalan ini merupakan sebuah jalan saksi sejarah kerajaan lama Yogyakarta serta menjadi salah satu garis lurus jalan yang menghububungkan Pantai Parang Tritis, Krapyak, Malioboro, Tugu Yogya, Monjali dan Gunung Merapi. Nama kota ini diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti karngan bunga, nama ini dimabil karena jaman dahulu saat pihak kerajaan mengadakan sebuah acara di sepanjang jalan ini akan dipenuhi oleh bunga-bunga.

Seiring berjalannya waktu jalan ini menjadi terkenal karena padat oleh berbagai toko dan gerai kaki lima yang menjual berbagai barang keperluan wisatwan yang khas dari kota Yogyakarta seperti Bakpia, Batik, makanan khas serta berbagai produk kerajinan dan pakaian khas Yogya yang berderet sepanjang jalan Malioboro. Jangan sungkan untuk menawar dan memberikan penawaran sesuai dengan yang Anda inginkan karena para penjual di Malioboro akan terbuka untuk pembeli yang melakukan penawaran.

Karena memiliki kelengkapan souvenir dan oleh-oleh maka ruas jalan di Malioboro ini selalu di jadikan sebagai salah satu tujuan wisata pengunjung dari daerah lain, kunjungan akan meningkta dan ramai saat akhir pekan, masa libur dan menjelang hari raya tiba. Malioboro akan dibanjiri oleh pengunjung dari berbagai daerah, selain mendpatkan semua produk oleh-oleh di toko depan jalan Malioboro Anda juga bisa mencoba berbelanja berbagai produk kerajian di Pasar Beringharjo yang selalu ramai oleh pembeli yang ingin membeli batik.

Sebagai sebuah ruas jalan yang kaya akan sejarah, di Jalan Malioboro juga terdapat beberapa tempat menarik yang biasanya menjadi tujuan para wisatawan. Tempat-tempat menarik tersebut adalah  Benteng Vredeburg,  Titik Nol Kilometer, Monumen serangan umum satu maret, Mirota Batik dan lain sebagainya. Titik nol kilometer ini merupakan sebuah titik pusat dari kota Yogyakarta di tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bercengkrama dan menyaksikan kota Yogya di malam hari.

Dan Monumen serangan umum satu maret adalah sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang serangan mendadak terhadap Belanda yang terjadi pada tanggal 1 maret. Sementara Mirota Batik adalah sebuah toko yang cukup besar yang menjual berbagai produk kerajinan yang lengkap dari mulai, baju, bangkon, barang antik, hingga berbagai kerajinan unik.

Untuk menuju Malioboro maka kita bisa naik bus trans Yogya yag melayani rute ini, sementara jika naik kendaraan pribadi letak Malioboro adalah di sebelah statsiun tugu Yogyakarta. Jika ingin menikmati Malioboro datanglah saat menjelang Maghrib karena saat siang hari cuaca akan menyengat panas, lalu pastikan Anda membawa kendaraan probadi jika memutuskan menikmati Malioboro sampai agak malam karena bus trans Yogya hanya beroperasi sampa jam 8-10 malam.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *