Makam Raja Humayun, Bangunan Tiga Kebudayaan

Humayun’s Tomb adalah sebuah bangunan yang terletak di jantung kota New Delhi dan menjadi representasi bukti cinta seorang istri pemimpin Islam yakni Hamidah Banu Begam kepada suaminya yakni raja Humayun yang dibangun pada tahun 1556. Konsep dan dasar pendirian bangunan ini mirip dengan pembangunan Taj Mahal di Agra yang didirikan atas dasar wujud cinta terhadap pasangan. Namun yang membedakan, jika Taj Mahal adalah  bukti cinta suami terhadap istri,  Humayun’s Tomb adalah bukti cinta istri pada suami.

Humayun’s Tomb merupakan bangunan peristirahatan terakhir untuk  pemimpin Islam bernama  Humayun yang merupakan seorang raja mughal kedua yang meninggal pada tahun 1556, kemudian selang beberapa tahun berikutnya atau tepatnya pada tahun 1569 sang istri Hamidah Banu Begam membangun tempat peristirahatan suaminya tersebut di tepi sungai Yamuna. Menggabungkan tiga konsep kebudayaan didalamnya, yakni kebudayaan India, Islam dan Persia membuat bangunan ini terlihat sangat indah, di topang pula oleh sebuah taman yang tertata membuat  Humayun’s Tomb semakin asri dan nyaman.

Walaupun tempat ini merupakan sebuah tempat pemakaman dari raja namun dengan semua dekorasi dan taman yang indah membuat tempat ini tidak seperti umumnya bentuk peristirahatan terakhir namun tak ubahnya seperti taman dan tempat indah lainnya. Selain dijadikan sebagai tempat pemakaman dari raja Humayun, komplek tempat ini juga dijadikan sebagai tempat pemakaman berbagai tokoh penting dan terkenal lainnya seperti  Isa Khan yang justru 20 lebih dulu menempati tempat itu sebelum Hamidah Banu Begam mempercantik tempat tersebut, lalu ada makam Afsarwala.

Karena letak dari Humayun’s Tomb yang strategis dan berada di pusat kota maka tempat ini menjadi salah satu tujuan utama wisata untuk kota Delhi, para pengunjung dan wisatawan yang hadir umumnya takjub ditengah kota Delhi yang sibuk ada sebuah makam beserta tamannnya yang asri yang seolah menjadi oase bagi kota Delhi. Besar taman sekitar 13 hektar cukup indah dan mencolok mengelilingi pusara yang didominasi warna berwarna merah, cukup indah dan menarik sehingga beberapa pihak berpendapat bahwa Humayun’s Tomb adalah salah satu situs terindah di India. Pada tahun 1993 UNESCO memberikan penghargaan kepada Humayun’s Tomb sebagai salah satu situs warisan dunia yang patut untuk dilestarikan.

Untuk mengunjungi tempat ini dari kota Delhi maka kita perlu untuk menaiki beberapa alat transportasi yang menjadi andalan warga untuk bepergian. Letak Humayun’s Tomb ini berada di Jalan Mathura, Nizamuddin East. tidak cukup jauh dari pusat kota Delhi, sehingga Anda bisa menggunakan berbagai alat transfortasi pilihan seperti bus. Namun jika ingin menikmati sensasi lebih dan menyenangkan cobalah untuk menaiki bajaj atau alat transfortasi lainnya.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi