Maiden’s Tower, Monumen Unik yang Menjadi Saksi Bisu Evolusi Kota Baku

 Wisata Sejarah Maiden’s Tower

Maiden’s Tower termasuk salah satu wisata sejarah di dunia. Kawasan wisata ini berada di sebuah kota tua yang dikenal dengan sebutan Icheri Sheher, Azerbaijan.

Lokasi tersebut tepatnya ada di bagian selatan-timur kota tua Icheri Sheher. Bagi Anda yang belum pernah mengunjunginya dan tertarik untuk pergi wisata ke sana, maka berikut ini ulasan menariknya.

Menara Maiden termasuk salah satu monumen unik di Baku, Azerbaijan. Namanya memang unik sesuai dengan keberadaannya. Monumen ini dikenal juga di negara asalnya dengan nama Giz Galasi. Menara yang dibangun abad ke-12 ini menjadi bagian dari kota berdinding Baku. Adapun ketinggiannya mencapai 29,5 meter dengan diameter 16,5 meter. Ketebalan  dindingnya 5 meter di dasar serta 4 meter di atas.

Legenda Maiden’s Tower

Kisah asal-usul mengenai wisata sejarah Maiden beragam versinya. Akan tetapi, ada satu cerita yang cukup populer di kalangan masyarakat. Legenda tersebut mengisahkan tentang seorang Raja yang memaksa putrinya untuk menikahi seorang pria yang tidak dicintainya. Sang Putri pun meminta kepada ayah untuk memenuhi permintaannya dahaulu, yakni dibuatkan sebuah menara. Namun pada akhir ceita malah sang Putri memakai menara tersebut sebagai tempat bunuh diri dengan meloncat dari atasnya.

Para arkeolog juga telah melakukan penggalian dan menyatakan bahwa menara ini memiliki terowongan di lantai dasar, dibangun di atas sebuah batu besar serta adanya balok kayu di dasar menara. Balok kayu tersebut memiliki tinggi14 meter. Oleh karena itu, para arkeolog pun menyatakan desain menara ini termasuk desain  yang tahan terhadap gempa.

Monumen unik dan bersejarah di Baku ini sering disebut sebagai rumah museum. Dikatakan demikian karena menyajikan kisah evolusi bersejarah kota Baku. Selain itu, juga mampu memberikan pemandangan yang indah maupun hal menarik lainnya untuk diketahui para pengunjungnya.

Monumen Maiden’s memiliki beberapa toko suvenir. Tentu saja toko yang menyajikan beragam pernak-pernik bagi para wisatawan yang hendak membeli kenang-kenangan untuk keluarga, teman atau kekasih hatinya. Tidak heran jika banyak wisatawan manca negara mengunjungi kawasan wisata sejarah ini tiap tahunnya.

Wajar saja jika monumen ini mampu memberikan pesona alamnya yang indah bagi kota serta pelabuhan Baku. Terlebih lagi ketika para wisatawan tersebut berhasil sampai ke puncak menaranya. Mereka akan merasakan kenyamanan wisata sejarah yang berangin ini.

Para wisatawan yang menyukai wisata sejarah di Baku ini, hendaknya tidak datang seorang diri. Alangkah menariknya jika kunjungan wisata dilakukan bersama rombongan terlebih lagi dengan keluarga tercinta. Silakan merencanakan kunjungan wisata sejarah ini sebaik-baiknya. Anda dapat menggunakan jasa travel maupun transportasi lainnya untuk menuju ke sana.

Kawasan wisata sejarah ini dapat dikunjungi pada hari Senin-Sabtu yaitu pukul 11.00-19.00 WIB.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *