Luang Prabang, Alternatif Wisata Alam di Laos

Luang Prabang, Alternatif wisata alam di Laos. Luang Prabang atau Louangphrabang  merupakan sebuah kota yang berada pada Sungai Mekong sekitar 425 km di bagian utara Vientiane, di utara pusat Laos,  dan ibukota dari  Provinsi Louangphabang. Kota ini di kenal sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun1995. Pada zaman dulu kota Luang Prabang adalah ibukota kerajaan dengan mempunyai nama yang sama Sampai dengan pada tahun 1975 pemerintahan komunis laos mengambil alih. Luang Prabang merupakan ibukota kerajaan dan pusat pemerintahan dari Kerajaan Laos.

luang-prabang

Luang Prabang adalah kota yang memiliki berbagai pesona wisata yang unik dari Negara Laos, Kota tertua di Laos ini dialiri oleh Sungai yang bernama Nam Khan dan Sungai Mekong, sungai tersebut merupakan jantung budaya Laos. Kota identic dengan nilai sejarah autentik yang tetap terpelihara serta bernilai luar biasa, Luang Prabang memberikan kombinasi alam yang menarik mulai dari kerajinan tradisional, kontur area, aneka ragam makanan, ritual keagamaan, sampai arsitektur tradisional yang masih terjaga dengan sangat baik. Serta Kota Luang Prabang juga menjadi pusat Budha yang sampai saat ini masih dikunjungi oleh orang-orang yang ingin belajar agama budha lebih mendalam.

Banyak sekali tempat yang sangat mempesona di kota Luang Prabang ini, seperti sisa-sisa kerajaan Laos yang merupakan penggabungan dari puing-puing reruntuhan arsitektur perancis, keindahan alamnya yang sangat menakjubkan serta candi-candi Budha yang berkilauan. Para wisatawan yang datang dapat  menikmati sungai Mekong lengkap dengan air terjunnya serta buih-buih air yang mirip susu cokelat. Begitu besarnya para meminat wisatawan di kota ini sehingga Luang Prabang menjadi sebagai alternative wisata alam satu-satunya kota di Laos yang di peruntukan khusus sebagai kota wisata. Pariwisata ini pula yang membuat kota kecil ini menjadi salah satu provinsi sangat kaya di Laos.

exo-luang-prabang

Kota Luang Prabang ini memiliki beberapa peninggalan yang sangat erat kaitannya tentang ajaran agama budha. Salah satunya ada kuil Wat Xieng Thong, kuil ini adalah kuil yang memilikin arsitektur Budha yang mengagumkan. Kuil yang di bangun pada abad ke 16 ini digunakan oleh keluarga kerajaan pada upacara-upacara penting. Kini candi-candi ini banyak dikunjungi oleh para biarawan. Maka tidak heran jika Kota Luang Prabang ini di jadikan sebagai pusat budha.

Di Negara Laos budaya memberi makan para biarawan masih terjaga sangat baik hingga sampai pada saat ini. Di waktu pagi buta, para biksu turun dari gunung untuk mengambil sumbangan dari masyarakat setempat yang berupa makanan. Hal tersebut menandakan bahwa para penduduk sangat kemurahan hati, sebab masih sangat menjaga tradisi tersebut sampai sekarang. Bukan hanya itu, masih ada gunung Phousi yang terdapat pada puncaknya patung Budha yang berlapiskan emas dan sedang berbaring.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *