Lokasi Dan Keindahan Taman Wisata Baluran

Apakah anda pernah mendengar tentang taman wisata Baaluran? Baluran merupakan nama sebuah taman Nasional yang ada di Banyuwangi. Taman ini mendapat julukan Africa Van Java. Sebab taman ini merupakan kawasan untuk pelestarian alam dengan ekosistem asli. Tempat ini dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan sebagai tujuan penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Wisata Baluran ini telah menjadi destinasi wisata alam yang menarik di wilayah Banyuputih, Situbondo. Tepatnyaada di sebelah utara Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Nama dari taman nasional tersebut sengaja diambil dari nama gunung yang berada di kawasan tersebut yaitu Gunung Baluran.

Lokasi Dan Keindahan Taman Wisata Baluran
Lokasi Dan Keindahan Taman Wisata Baluran

Keindahan Taman Wisata Baluran

Di tempat ini terdapat beberapa destinasi alam yang bisa anda kunjungi. Rimbunnya hutan hijau yang dijuluki Evergreen Forest, Luasnya padang Savana Bekol dan keindahan pemandangan bawah lautnya di Bama.

Keindahan Baluran tidak hanya dilihat dari savananya yang hijau dan luas serta kehidupan satwanya saja, melainkan juga dari pemandangan Gunung Baluran yang bisa dilihat dari jarak dekat. Jika cuaca cerah, maka Gunung Baluran ini akan terlihat sempurna dari dataran yang datar hingga ke puncaknya. Lokasi ini sangat bagus untuk dijadikan spot foto. Apalagi dengan keberadaan pohon-pohon savana yang terpisah dan tidak menggerombol.

Destinasi lain yang bisa dikunjungi seperti Manting, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Curah Tangis, Gua Jepang,  Sumur Tua, Dermaga, Kramat, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang yang bisa anda kunjungi.

Tiket Masuk Taman Wisata Baluran

Taman Nasional Baluran adalah  Tempat wisata yang ramai di kunjunggi wisatawan , pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempatnya  begitu indah dan akan dapat memberikan suasana nyaman dan terlepas dari kejenuhan akan aktivitas sehari hari.

Harga tiket masuk  adalah Rp 50000 perorang sedangkan untuk menyewa mobil Rp 100000 anda bisa puas seharian berkeliling ,terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh  Tman Nasional Baluran  bukanlah hal yang murahan. Sangat di sayangkan bila anda berada di Situbondo  dan tidak menggunjungi Taman Widata Baluran  dengan pesona keindahan yang tak ada duanya .

Fasilitas Yang ada di sini

Taman nasional Baluran  bisa dibilang sebuah wisata  alam yang lengkap akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Penginapan
  • Rumah Makan
  • dan masih banyak lainya

Rute Menuju Taman Wisata Baluran

Untuk transportasi menuju taman nasional baluran ada 2 alternatif yaitu :

  • Jika anda menggunakan mobil pribadi ,anda bisa langsung menuju jalan Banyuwangi => Batangan  dan di lanjutkan ke Bekol , anda juga bisa langsung dari jalan Situbondo => Batangan  di bekol jalan dengan aspal tipis , maka sebaiknya gunakan jenis mobil sejenis suv , agar petualangan semakin mengesankan , jalan bekol => bama ini yanag akan menghubungkanpintu masuk padang savana baluran .
  • Dengan angkutan umum kereta api , pastikan anda berhenti di stasiun banyuwangi baru ,dari stasiun anda bisa naik bus jurusan terminal sri tanjung ketapang , dari terminal sri tanjung  naik bus jurusan surabaya , katakan ke super , kondektur atau kernet untuk berhenti di baluran .

Mengamati kehidupan hewan liar di Taman Nasional Baluran, juga merupakan sebuah pengalaman tersendiri. Selain keindahan alam beberapa destinasi yang sudah ada. Pengunjung akan disambut dengan indahnya pemandangan hujan yang hijau atau lebih dikenal dengan Evergreen. Hutan tersebut tampak hijau sepanjang tahunnya karena berada di wilayah cekungan dan terdapat sungai bawah tanah.