Kuil Surga atau Temple of Heaven, Mahakarya Kekaisaran China Masa Lampau

Temple of Heaven atau dalam bahasa setempat sering juga disebut dengan Tiantandongmen adalah salah satu objek wisata menawan yang ada di negara China. Bangunan ini merupakan tempat yang digunakan untuk berdoa dan pemujaan kepada son of heaven pada jaman dahulu dengan tujuan agar memiliki panen raya yang melimpah dan terhindar dari segala bencana. Berdiri diatas sebuah kawasan seluas 167 hektar dengan dipagari oleh pagar yang tinggi serta setiap situs di berikan batas membuat bangunan ini tampak megah dan besar. Kebesaran dan histori sejarah Temple of Heaven membuat bangunan ini dijadikan sebagai salah satu simbol dari kota Beijing.

Temple of HeavenLetaknya berada di tenggara kota Beijing, bangunan di dirikan pada tahun 1406 sampai dengan 1420. Kemudian pada abad ke 18 sempat direnovasi oleh kaisar Yongle yang berkuasa pada masa itu. Buah dari pembangunan dan perawatan  Temple of Heaven yang digunakan oleh para kaisar dari dinasti Ming serta Qing untuk berdoa dan memohon limpahan panenn tersebut terbayar dengan penetapan dan pengakuan Unesco pada tahun 1998 kepada Temple of Heaven sebagai salah satu warisan dunia.

Sebuah komplek utama dari Temple of Heaven adalah Qinian dian yang merupakan sebuah bangunan yang beratap melingkar besar sebanyak tiga tingkat. Bangunan ini dulunya difungsikan sebagai tempat untuk kaisar dalam berdoa  memohon untuk kelimpahan panen serta doa lainnya, hal yang manrik lain dari bangunan ini adalah pilar-pilar penopang yang sangat besar dan tinggi sekitar 38 meter tersebut sama sekali tidak menggunakan paku sebagai penguatnya, namun hanya menggunakan kayu sebagai teknologi bagus bangunan kuat jaman dahulu dan terbukti masih berfungsi sampa saat ini. Bentuk bangunan yang bulat serta lapangannya yang berupa kotak melambangkan langit dan bumi.

Pengunjung Temple of Heaven tidak hanya didominasi oleh para wisatawan asing semata namun juga ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat terutama manula, taman yang asri dan luas di komplek Temple of Heaven menjadi daya tarik tersendiri di kita Beijing yang semakin sesak oleh bangunan. Untuk menuju Temple of Heaven maka tidaklah sulit untuk dilakukan bisa menggunakan taksi atau alat transfortasi publik lainnya seperti subway. Untuk naik Subway maka dari Tian’anmen Square East bisa menuju Sihui East lalu transit di Dongdan station, dari sini ambil jalur line 5 kemudian turun di staisun Tiantandongmen. Setelah sampai distatsiun maka mudah untuk menuju Temple of Heaven, karena Temple of Heaven merupakan bangunan yang sangat luas maka penting rasanya untuk menanyakan dahulu pintu utama untuk menuju Tempel of Heaven. Di gerbang utama dijual tiket masuk seharga  35 Yuan untuk Through Ticket dan 15 yuan untuk single tiket, disarankan untuk membeli Through Ticket agar kita bisa menjelajahi Temple of Heaven tanpa harus membeli tiket lagi.

Karena luasnya area wisata Kuil Surga ini, berikut adalah rute wisata yang direkomendasikan apabila wisatawan hendak mengunjungi seluruh lokasi yang berada di areal tersebut.

Rute 1
Zhaoheng Gate (Gerbang Selatan) > Circular Mound Altar > South Divine Kitchen > Echo Wall > Imperial Vault of Heaven > Three Echo Stones > Danbi Bridge > East Annex Hall > Hall of Prayer for Good Harvests > West Annex Hall > Palace of Abstinence > Divine Music Administration

Rute 2
North Gate (Gerbang Utara) > Hall of Prayer for Good Harvests > East Annex Hall > West Annex Hall > Danbi Bridge > Echo Wall > Imperial Vault of Heaven > Three Echo Stones > Danbi Bridge > South Divine Kitchen > Circular Mound Altar > Lingxing Gates > Palace of Abstinence → Divine Music Administration

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi