Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah sebuah wilayah yang berada di sekitar utara kota Jakarta, wilayah ini meliputi banyak pulau baik besar maupun kecil dari yang berpenghuni sampai yang tidak berpenghuni. Berbagai pulau di kawasan pulau Seribu ini menawarkan banyak keindahan dan keasrian alam yang masih belum tersentuh, sehingga banyak menarik wisatawan dari berbagai daerah terutama Jakarta yang rindu akan keasrian alam dan kebersihan lingkungan yang selama ini tidak bisa mereka dapatkan di Ibukota yang semakin padat dan penuh dengan keramaian yang menjemukan.

Karena memiliki berbagai tempat yang indah, maka beberapa pulau di Kepulauan Seribu sudah dijadikan beberapa tujuan wisata yang menarik dan dikemas dengan lebih bersahabat untuk pengunjung. Beberapa destinasi pulau yang indah yang sudah dikembangkan menjadi tempat wisata tersebut diantaranya adalah ;

–          Pulau Bidadari

Pulau cukup dekat dengan Jakarta dan bisa ditempuh dengan speedboat dengan waktu sekitar 20 menit. Dipulau ini terdapat berbagai tempat yang indah yang bisa dijadikan tujuan wisata seperti Martello Tower yang merupakan sebuah benteng reruntuhan Belanda. Lalu ada juga sebuah benteng peninggalan Portugis yang dibangun di abad ke-17, menurut beberapa catatan pulau unu dijadikan tempat karantina oleh Belanda dahulu. Tempat menarik lainnya di pulau ini adalah  Cottage apung bergaya Manado.

–          Pulau Ayer

Pulau Ayer adalah sebuah pulau di kepulauan Seribu yang berjarak sekitar 14 kilometer dari pantai Marina Ancol. Pulau ini merupakan sebuah pulau yang menjadi tempat peristirahatan Presiden Soekarno di jaman dahulu, selain untuk peristirahatan dirinya Presiden Soekarno juga pernah mengajak presiden Yugoslavia dan Sekjen PBB yakni U Nu untuk menikmati dan berkunjung ke pulau ini. Saat ini dipulau ini ada cottage bergaya Papua, fasilitas memancing, banana boat, jetski tersedia di pulau ini.

–          Pulau Sepa

Pulau ini dikenal memiliki pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan pantai yang landai. Pulau ini sering dijadikan sebagai tempat untuk berenang, snorkeling, menyelam, memancing. Di tempat ini juga merupakan sebagai tempat untuk penangkaran Penyu Sisik (Eretnochelys imbricata).

Kepulauan Seribu semakin meningkatkan imagenya sebagai pulau yang cocok untuk dijadikan sebagai kawasan wisata setelah ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut oleh menteri kehutanan pada tahun 2002, luas wilayah taman nasioanal Kepulauan Seribu sekitar 107.489 hektare dengan sekitar 44 buah didalamnya. Sementara P. Rambut dan P. Onrust ditetapkan sebagai pulau suaka alam dan pulau cagar budaya.

Untuk menuju pulau seribu bisa menggunakan berbagai pilihan transfortasi seperti speedboat, yang biasanya mengantarkan pengunjung dari pantai marina Ancol. Speedboat ini biasanya mulai beroperasi dari jam 8 dan 9 pagi. Selain menggunakan speedboat pengunjung juga bisa menggunakan helikopter yang bisa emngantarkan ketempat tujuan yang memiliki helipad.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi