Jelajahi 10 Tempat Wisata Alam Terbaik Sukabumi

Sukabumi, salah satu kota di Jawa Barat ini wajib Anda jelajahi. Memiliki banyak kekayaan alam, hampir semuanya dikelola dan dijadikan tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi. Pemandangan indah kota Sukabumi pun menjadi salah satu daya tarik sendiri, karena kota ini berada di antara dua kaki gunung, Gede dan Pangrango.

Walaupun cuacanya bisa mencapai 29 oC, Sukabumi tetap merupakan kota dengan udara sejuk yang menyegarkan. Suasana kota ini mampu menghilangkan rasa penat selama masa liburan. Kota yang terkenal dengan kue mochinya ini juga mudah diakses menggunakan kendaraan darat, baik melalui kota Bandung maupun Jakarta.

Berikut 10 tempat wisata kota Sukabumi yang bisa Anda nikmati selama di kota ini.

  1. Ujung Genteng
Ujung Genteng
Ujung Genteng

Siapapun yang pernah ke Sukabumi pasti tahu nama pantai ini. Ujung Genteng sangat terkenal, bukan hanya dengan keindahan pantainya tapi juga karena di sini terdapat penangkaran penyu hijau. Lokasinya cukup jauh, namun hamparan pasir putih dan ombaknya mampu membayarnya. Anda bisa menikmati pantai sambil memancing, berenang, atau berselancar.

  1. Pantai Cimaja
Pantai Cimaja
Pantai Cimaja

Anda tentu tahu bahwa pantai yang paling ternama di Sukabumi adalah Pelabuhan Ratu. Namun, tidak banyak yang tahu jika pantai Cimaja merupakan bagian dari pantai tersebut. Pantai Cimaja bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata bagi Anda yang ingin merasakan berselancar di ombak yang besar. Ombaknya hampir sama dengan ombak di Bali, yaitu mencapai 4 meter. Banyak wisatawan luar negeri yang sengaja datang ke pantai ini juga untuk mencoba menaklukan ombak dengan papan selancar mereka. Di pantai ini jugalah para peselancar baik dalam maupun luar negeri sering berkompetisi menunjukan kemampuannya.

  1. Pantai Cibangban
Pantai Cibangban
Pantai Cibangban

Jika Anda termasuk yang senang dengan kondisi pantai yang damai, maka Anda bisa memilih bersantai di pantai Cibangban. Ombak di sini tidak terlalu besar, cenderung tenang dan masih bersih. Anda bisa berenang sepuasnya dan menikmati suasana pantai hingga malam hari dengan bermalam di cottage atau hotel yang bisa Anda temukan di sekitar pantai tersebut. Namun, di akhir pekan dan memasuki hari libur panjang, suasana di pantai ini akan lebih ramai oleh pengunjung.

  1. Arung Jeram Sungai Citarik
Arung Jeram Sungai Citarik
Arung Jeram Sungai Citarik

Selain pantai, wisata sungai menjadi bagian dari wisata alam terkenal di Sukabumi. Salah satu sungai dengan arus yang cocok untuk dijelajahi dengan kegiatan arung jeram adalah Sungai Citarik. Cukup kumpulkan keberanian Anda bersama tim, Anda sudah bisa melakukan olahraga ektrim ini. Anda tidak perlu takut, karena selama kegiatan ini Anda akan dibekali dengan pengamanan yang lengkap termasuk pendamping. Jika ragu dengan arung jeram, coba lakukan kegiatan lain di kawasan wisata ini seperti bermain paint ball, flying fox, atau team building. Semua kegiatan di sini memang sangat mengedukasi terutama untuk melatih kerja sama.

  1. Sungai Citatih
Sungai Citatih
Sungai Citatih

Sungai ini merupakan sungai dengan arus yang lebih menantang dibandingkan Sungai Citarik. Oleh karena itu, taklukan dulu Citarik dan coba Citatih. Selain arus sungai yang lebih deras, sungai ini juga memiliki lebar yang jauh lebih besar dan jalur lebih panjang dari pada Citarik.

  1. Goa Buniayu
Goa Buniayu
Goa Buniayu

Bagi pecinta olahraga ektrim yang menantang, rasanya kurang afdol jika tidak mencoba caving atau wisata jelajah goa. Goa Buniayu adalah goa yang cukup menantang, bentuknya seperti botol yang sempit di permukaan namun begitu luas ketika masuk semakin dalam. Sebaiknya, persiapkan dulu fisik dan mental Anda mengingat untuk menjelajahi goa ini, Anda tidak hanya dihadapkan pada medan yang lurus dan rata saja, tetapi Anda harus memanjat tebing, melewati danau berlumpur, serta melewati banyak tumpukan batu. Setidaknya, dalam menjelajahi goa ini Anda memerlukan waktu hingga 5 jam.

Namun, rasa lelah dan perjuangan Anda akan terbayar ketika sampai di tengah goa. Pemandangan di dalamnya begitu indah. Mulai dari sungai dan air terjun bawa tanah hingga batuan stalakmit dan stalaktit. Bahkan, Anda pun akan merasa kagum dengan ornament pada permukaan goa tersebut yang terbentuk indah secara alami.

  1. Situ Gunung
Situ Gunung
Situ Gunung

Salah satu lukisan alam yang nyata di Sukabumi berada di kaki Pangrango, yaitu Situ Gunung. Untuk menikmati nuansa alami yang masih sangat hijau di lokasi situ ini Anda bisa menggunakan perahu. Anda bahkan bisa memancing hingga berkemah di sini. Lokasi wisata ini juga menyediakan fasilitas telusur hutan untuk Anda yang ingin mencoba menjelajah hutan di kawasan situ tersebut.

Anda juga bisa mampir ke Curug Sawer yang masih satu lokasi dengan kawasan wisata ini. Curug atau air terjun ini masuk ke dalam kawasan yang dikelola oleh pemerintah. Sehingga, kawasannya masih sangat terjaga.

  1. Situ Sukarame
Situ Sukarame
Situ Sukarame

Sebaliknya, di kaki Salak terdapat Situ Sukarame. Jika di Situ Gunung Anda bisa menjelajahi hutannya, maka di Situ ini Anda bisa mengelilingi perkebunan teh yang ada di sekitarnya. Selain berperahu dan memancing, Anda juga bisa menikmati udara dan pemandangan di situ sambil melakukan selancar dengan tali. Di sini juga terdapat bumi perkemahan yang banyak dimanfaatkan oleh berbagai komunitas. Cukup membayar tiket masuk Rp. 5.000 saja, semua fasilitas di kawasan wisata situ ini sudah bisa Anda dapatkan.

  1. Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar

Selain menawarkan wisata alam, Sukabumi juga memiliki wisata bernilai sejarah. Kampung Ciptagelar merupakan kampung tua yang usianya sudah mencapai 650 tahun. Kampung ini juga disebut dengan kampung adat, dimana seluruh kegiatan baik tradisi maupun kebudayaan yang mereka dapat secara turun temurun masih dilakukan dan tidak akan Anda temukan di daerah lain.

Kampung ini mengajak Anda pada pengalaman baru yang unik mulai dari rumah tempat tinggal masyarakatnya yang masih memiliki bentuk khas. Pemerintah Sukabumi menjadikan tempat wisata ini sebagai cagar budaya yang terus mereka jaga. Bentuk kepemimpinan yang masih lekat dengan adat juga ditunjukkan dengan sebutan kepada masyarakat di sana yaitu kasepuhan. Sepuh artinya orang tua atau yang dituakan.

Kampung Ciptagelar tepatnya berada di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok. Jarak tempuhnya dari pusat kota Sukabumi sekitar 103 km.

  1. Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh

Tempat wisata ini juga merupakan wisata alam yang memiliki makna sejarah di Sukabumi. Karena, di Geopark Ciletuh dengan air terjunnya kita bukan hanya diajak melihat pantai, perbukitan, atau pegunungan saja. Di sana juga banyak bebatuan purba.

Namun, untuk sampai di lokasinya Anda harus merelakan waktu hingga 5 jam menempuh perjalanan dari pusat kota. Geopark ini akan membayar waktu tersebut dengan keindahan alamnya yang membuat mata terpana. Di sini, air terjun yang bisa Anda nikmati tidak hanya satu air terjun melainkan 4 air terjun. Ada curug Ngelay, Puncak Manik, Cikanteh, dan Cimarinjung.