Jangan Lewatkan Sendratari Tradisional Plae Pakaa Saat Berkunjung ke Kamboja

Pementasan Plae Pakaa : Keberagaman Budaya dan Kesenian Kamboja

Plae Pakaa merupakan gabungan dari 3 pertunjukan seni di Museum Nasional Phnom Penh. Tontonan seni ini dimulai tepat pada pukul 7 malam hari. Pagelaran kesenian dari museum nasional ini dipentaskan tanggal 25 Oktober 2012 dan di tahun-tahun berikutnya. Setelah pementasan diadakan ternyata respon dari masyarakat Kamboja dan wisatawan asing sangat bagus.

Wisatawan lokal dan mancanegara disuguhi berbagai bentuk kesenian yang lahir dari peradaban rakyat Kamboja. Otomatis banyak muatan moral dan pendidikan yang terkandung dalam tontonan tersebut. Wisatawan lokal dapat mengingat kembali tentang sejarah dan budaya dari bangsanya sendiri, sedangkan bagi wisatawan pertunjukan seni ini sebagai hiburan yang menyenangkan.

Bagi Anda yang sudah mulai lelah dengan wisata alam, cobalah untuk datang ke Kamboja serta sempatkan diri mampir di Museum Nasional di Phnom Penh. Kesenian tradisional merupakan potensi wisata yang tak tertandingi, apalagi mempelajari budaya negeri lain mendatangkan banyak manfaat. Terutama dalam membangun wawasan budaya dan memunculkan sikap menghargai produk budaya dari bangsa luar.

Kesempatan baik ini jangan dilewati begitu saja, pementasan budaya Kamboja serta seninya secara langsung merupakan sebuah even yang jarang sekali diadakan. Plae Kasaa digarap oleh para profesional seni yang bekerja dengan kreatif dan sungguh-sungguh dalam menayangkan kesenian asli rakyat Kamboja.

Pementasan Plae Pakaa

Berikut beberapa sesi yang dapat dinikmati dalam pagelaran seni di museum nasional Kamboja antara lain:

1. Anak-Anak Bassac

Di musim ketiga, Anak-Anak Bassac kembali lagi dengan hentakan tanah yang lebih berenergi. Tarian pun dikembangkan khusus di acara ini. Rombongan tarian klasik Apsara berpadu dengan tarian Khmer dan beberapa tarian dari etnis minoritas di Kamboja.

Tarian yang dapat dinikmati dalam pementasan Anak-Anak Bassac sebagai berikut:

  • Kab Krobey Phek Sra : Upacara Berdoa
  • Apsara : Penari Wanita Surgawi
  • Nesat : Tarian Memancing
  • Sovann Machha : Putri Duyung Emas
  • Bok Leak : Penghancuran Kematian
  • Phloy Suoy : Tarian Panen
  • Kroma : Tarian Selendang
  • Chhayam : Tarian Prosesi Populer

2.  Yike Opera: Mak Therng

Pangkiya dan Mak Therng adalah sebuah pasangan yang berbahagia tetapi tidak berdaya menjaga cinta mereka. Di suatu hari ada seorang Pangeran yang jatuh cinta kepada Pangkiya dan kemudian menculiknya. Dari tarian ini, penonton akan melihat upaya dari Mak Therng dalam merebut kembali istrinya dari sang Pangeran.

3. Perjalanan Hidup

Perjalanan hidup merupakan sebuah pementasan yang dikhususkan untuk Plae Pakaa. Di sesi pertunjukan ini akan ditampilkan bentuk kesenian Kamboja yang paling indah. Mengisahkan tentang kehidupan masyarakat Kamboja sejak lahir, perayaan usia dewasa, hingga upacara pemakaman.

Reservasi dan Informasi:

Plae Pakaa dapat ditonton mulai jam 7 malam setiap hari, Senin sampai Sabtu.  Lokasi di Museum Nasional Phnom Penh. Dimulai 1 November 2012. Pemesanan dan informasi lengkap: 017 998 570 atau events@cambodianlivingarts.org

Tiket yang dikenakan bagi dewasa sebesar $ 10, anak-anak $ 6. Diskon khusus bagi rombongan wisata.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi