Ingin Melihat Ukiran-Ukiran Batu Manusia Purba? Kunjungi Gobustan, Azerbaijan

Gobustan Rock Art adalah salah satu objek andalan dari sebuah taman nasional Gobustan yang berada dalam wilayah negara Azerbaijan. Gobustan Rock Art ini bisa dibilang merupakan sebuah mahakarya alam, bagaimana tidak bentangan batu yang sangat besar dengan ukuran yang jumbo bertaburkan berbagai lukisan dan ukiran karya manusia jaman dahulu seolah menampilan keindahan sekaligus misteri bagi siapapun yang menyaksikannya. Area Gobustan Rock Art juga dikelilingi oleh alam yang masih alami dengan berbagai keindahan seperti Sungai Jeyrankechmaz, sungai Pirsagat serta sungai Sumgait.

Karena memiliki berbagai catatan peninggalan  misteri manusia jaman lampau yang masih lestari sampai dengan sekarang maka pada tahun 1966 Gobustan dinyatakan sebagai salah satu tonggak dalam sejarah nasional negara Azerbaijan. Tonggak dan penetapan tersebut berdasarkan kepada banyaknya peninggalan di Gobustan terutama Gobustan Rock Art yang banyak meninggalkan ukiran kuno jaman dahulu, peninggalan bersejarah, gunung batu yang besar dan gas batu yang berada dalam wilayah Gobustan tersebut, jika semua misteri ukiran dalam batu terpecahkan maka bukan tidak mustahil banyak fakta dan sejarah yang mengiringi Azerbaijan pun menjadi lebih terungkap.

Di Gobustan yang banyak terdapat batu besar peninggalan sejarah juga banyak dikelilingi bentangan alam yang memukau dan indah. Dari mulai gunung Boyukdash, Kichikdash, Jingirdag, serta Yazili lokasi serta letak dari gunung dan bentangan alam di obustan tersebut tidak jauh berada dari laut Kaspia yang berada di sebelah tenggara dari Gobustan. Atas semua potensi dan keajaiban alamnya tersebut Gobustan kemudian dinyatakan sebagai warisan dunia Unesco pada tahun 2007, penetapan dari Unesco berdasar pada nilai-nilai universal yang banyak ditemukan dalam peninggalan sejarah Gobustan ini.

Dari catatan peristiwa yang pernah terjadi Gobustan ini ditemukan awal mulanya oleh sekelompok orang yang bertujuan untuk menambang di daerah tersebut pada tahun 1930. Mereka kaget akan gambar dan lukisan yang ditemukan dalam batu yang besar, semakin lama semakin banyaklah peninggalan sejarah tersebut yang terungkap. Dimana berbagai nilai seni yang terkandung dalam batu tersebut memiliki aneka ragam rupa dan bentuk yang mengagumkan dari mulai gambaran flora dan fauna jaman dahulu, aktifitas seperti berburu yang sering dilakukan oleh manusisa jaman dahulu untuk mempertahankan hidupnya serta gaya hidup serta kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang jaman dahulu di tempat tersebut, semua “terekam” dalam batu dan gambaran tulisan yang mereka torehkan.

Dengan semua kekayaan peninggalan sejarah tersebut bisa dikatakan bahwa Gobustan adalah monumen arkeologi yang kaya akan peninggalan sejarah. Selain memiliki berbagai peninggalan alami, berbagai hewan unik pun hidup didaerah ini seperti serigala, ayam gunung, merpati liar, rubah, kelinci, ayam liar, burung dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik untuk melakukan petulangan dialam terbuka dengan sebuah tempat yang kaya akan peninggalan arkeologi maka  masukanlah Gobustan Rock Art sebagai salah satu destinasi pilihan Anda.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *