Cara membeli tiket dan naik MTR di Hong Kong

Jika kita pernah berlibur ke Hongkong pasti pernah naik atau minimal mendengar yang namanya MTR atau Mass Transit Railway. Sebuah alat transfortasi publik yang sangat populer di Hongkong baik untuk kalangan warga Hongkong maupun pendatang, alat tranfortasi ini memiliki kelebihan pada segi kenyamanan, ketepatan waktu dan tentu saja harganya yang terjangkau sehingga wajar akhirnya jika salah satu alat transfortasi ini menjadi pilihan utama turis saat berwisata atau berrekreasi mengunjungi Hongkong yang indah.

Bukti dari populernya alat transfortasi ini bisa terlihat dari banyaknya penumpang yang menggunakan alat transfortasi ini, setidaknya sekitar 3 juta penumpang setiap harinya menggunakan alat transfortasi ini. Jika Anda akan berwisata ke Hongkong maka menggunakan alat transfortasi MTR ini juga bisa menjadi salah satu pilihan karena dengan menggunakan MTR kita bisa menghemat biaya perjalanan dengan cukup signifikan sedikit membantu di tengah biaya makan dan penginapan di Hongkong yang cukup tinggi.

mtr2

Sebagai referensi untuk Anda yang menginginkan menggunakan MRT saat liburan di Hongkong. Berikut kami coba tampilkan cara membeli tiket dan naik MTR di Hong Kong sesuai dengan data yang kami dapatkan. Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan menggunakan MRT Hongkong adalah mencari statsiun terdekat tempat MTR berada lalu membeli tiket MTR. Ada dua jenis tiket yang bisa digunakan yakni tiket sekali jalan dan tiket Octopus (langganan/terusan) yang bisa digunakan berkali-kali.

Kami sarankan untuk membeli tiket Octopus saja karena jenis tiket terusan ini memiliki harga yang lebih murah jika dibandingakan dengan sekali jalan, selain itu Anda juga tidak direpotkan untuk berkali-kali membeli tiket sekali jalan jika naik MTR selama di Hongkong. Jangan khawatir tiket dan deposit dalam tiket Octopus akan hangus begitu Anda selesai berlibur, karena deposit yang masih tersisa di tiket bisa di tarik kembali.

Selain itu tiket Octopus juga bisa digunakan untuk membeli makanan dan alat pembayaran alat transfortasi lainnya seperti tram, bus dan minibus. Sangat praktis dan memudahkan, untuk mendapatkan tiket octopus maka kita membelinya di  konter Airport Express Costumer Service. Lalu di pusat layanan pelanggan di stasiun MTR, di terminal bus serta terminal kapal feri.

HK MTR ChaiWan TrainWaiting 2003Jan17

Setelah memiliki tiket dan menuju statsiun MTR maka kita menuju pintu masuk dan mentapkan kartu di touch octopus card. Setelah kartu terdeteksi maka kita lanjutkan ke eskalator menurun menuju bawah tanah untuk menuju MTR tujuan, perhatikan rute yang akan di tuju, biasanya terpampang dengan jelas rute tujuan MTR. Tanyakan kepada petugas jika rute yang Anda baca belum jelas, dan jangan takut ketinggalan MTR karena prosentase kedatangannya relatif cepat.

Setelah mengetahui MTR tujuan saat MTR datang naiklah dengan tertib dahulukan yang turun duluan. Didalam kita tidak boleh merokok, makan, minum dan larangan lainnya jika di langgar denda akan menanti. Selain itu dahulukan manula, anak-anak, orang sakit, wanita hamil, dan orang cacat saat Anda mendapatkan kursi. Tenang saja walau cukup padat namun MTR memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi