Bersantai dan Menghabiskan Waktu di Taman Yu Yuan Shanghai

 

Yu Yuan Garden adalah sebuah taman yang berada di Anren Jie, Shanghai, China. Taman ini merupakan sebuah taman yang indah dengan berbagai rupa keindahan dan koleksi berbagai bungan dan pelengkap taman lainnya yang menarik, sehingga para pengunjung akan disuguhi oleh pemadangan alami beserta suasana china klasik jaman dahulu. Taman ini identik dengan taman kasih sayang antara sang anak terhadap orangtua, hal ini bukanlah kebetulan namun karena waktu saat dahulu taman ini dibangun, taman dibangun karena ingin membahagiakan dan memberikan tempat yang nyaman dan tenang untuk orangtua.

Orang tersebut adalah Pan Yunduan yang merupakan seorang pejabat saat masa pemerintahan dinasti Ming. Pan merasa perlu membuatkan sebuah tempat yang nyaman dan tenang sebagai tempat untuk peristirahatan orangtuanya yang sudah semakin menua. Maka pada tahun 1577 dibangunlah sebuah konsep taman klasik yang menarik lengkap dengan semua pernak-pernik keindahannya. Nama Yu Yuan sendiri berasal dari kata dalam bahasa China yakni Yu yang berarti menyenangkan atau memuaskan.

Namun kepemilikan Pan Yunduan dan keluarga terhadap taman tersebut tidak berlangsung lama, bersamaan akan berakhirnya kekuasaan dinasti Ming,  Pan Yunduan pun mengalami kebangkrutan ekonomi sehingga membuat dirinya harus menjual dan merelakan taman tersebut kepada beberapa saudagar kaya yang berminat membeli taman tersebut. Pada saat terjadinya opium war, Yu Yuan Garden pun tidak luput dari kerusakan, barulah pada era 50an pemerintah merenovasi kembali dan bisa digunakan dan di peruntukan kepada umum pada bulan september 1961.

Saat ini Yu Yuan Garden sudah menjadi salah satu wisata andalan di China dan menjadi taman yang indah di Shanghai. Dalam taman seluas 20 hektar ini semua dekorasi dan tampilan taman dikemas dengan sangat cantik dan serasi, kolam, pavilion, bangunan, gugusan batuan, dan koridor tersusun serta terbangun dengan rapi dan indah membuat semua yang mengunjungi merasa betah dan nyaman didalamnya. Dalam Yu Yuan Garden banyak sekali area yang indah dan layak untuk dinikmati, area-area tersebut diantaranya adalah Great Rockery.

Great Rockery merupakan sebuah bongkahan batu besar yang mencapai tinggi 14 meter. Lalu ada Cuixiu Hall yang letaknya berada dibawah Great Rockery, lalu area lainnya adalah Exquisite Jade Rock yang merupakan sebuah area yang paling banyak diminati letaknya berada di seberang Yuhua Hall. Area terakhir yang tidak kalah menariknya adalah The Inner Garden yang merupakan area yang terdiri dari kolam-kolam dan berbagai bunga yang menarik.

Untuk masuk dan membeli tiket di Yu Yuan Garden maka dikenakan tarif antara 30-40 Yuan, untuk menuju Yu Yuan Garden maka pengunjung dapat menggunakan bus bernomor  969 atau 980, turunnya dihalte Yu Yuan Station. Sementara jika menaiki subway maka kita bisa naik subway line 8 lalu turun di  Dashijie Station, dari stattion ini kita tinggal berjalan kaki ke arah Huaihai East Road serta Renmin Road dari kedua tempat ini pintu gerbang Yu Yuan Garden akan mudah ditemukan.

 

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *