Berkunjung ke Kota Tua Petra, kota di film Indiana Jones 3

Kota Tua Petra merupakan salah satu objek wisata sejarah paling mengagumkan di Asia, dan terletak di kota  Ma’an, Yordania. Kota tua ini terkenal dengan mahakarya arsitektur yang dipahat pada bebatuan dengan sempurna dan detail. Sebagai sebuah kota tua, Petra merupakan sebuah kota peninggalan bangsa Nabath yang merupakan sebuah bangsa Arab kuno yang hidup pada jaman abad ke-9 SM. Bangsa ini dikenal mahir memahat batu menjadi sebuah karya yang indah, dan kota tua Petra merupakan salah satu karya mereka dan dijadikan ibukota bangsa Nabath jaman dahulu.

petra3

Kota tua Petra sempat menghilang untuk jangka waktu yang cukup lama yakni sekitar  500 tahun, tepatnya hilang semenjak berakhirnya perang salbi pada abad ke-12 M. Kemudian kota tua Petra kembali ditemukan pada tahun 1812 oleh seorang pengelana berkewarganegaraan Swiss bernama  Johann Ludwig Burckhardt. Semenjak ditemukan, kota tua petra terus mendapatkan berbagai macam pengkuan dan penghargaan dari mulai julukan sebagai kota mawar merah yang antik, yang digambarakan melalui puisi oleh John William Burgon dan berhasil menyabet juara dalam Newdigate Prize.

Sementara Unesco menasbihkan kota tua Petra sebagai situs warisan dunia Unesco pada tanggal 6 Desember 1985 dan dan menyebut kota tua Petra sebagai salah satu peninggalan kultural yang paling penting dalam peradaban manusia. Sementara sebuah majalah bernama mithsonian menyebut kota tua Petra sebagai salah satu dari 28 tempat di dunia yang harus dikunjungi sebelum meninggal dunia.

Begitu indah dan pentingnya keberadaan kota tua Indah nan indah ini sehingga selain menjadi tujuan utama wisatawan dunia yang datang ke Yordania. Kota tua petra  juga menarik perhatian film terkenal Hollywood untuk menjadikan Petra sebagai lokasi syutingnya. Film Hollywood yang pernah menjadikan Petra sebagai tempat untuk syuting filmnya tersebut adalah Indiana Jones. Dalam film tersebut kita disuguhkan oleh pemandangan kota tua yang menakjubkan sembari larut dalam sebuah petualangan yang disuguhkan oleh film tersebut.

petra 2

Kita bisa menikmati berbagai tempat dan ragam fasilitas penantang adrenalin yang bisa dinikmati seperti  berkuda sampai ke titik tertinggi di pegunungan Petra, mengunjung The Treasury yang merupakan sebuah bangunan kokoh dengan tinggi sekitar 150 kaki. Dan sebuah jalan keluar bernama The Siq. Untuk menikmati semua petualangan ala Indiana Jones tersebut maka kita bisa menebus tiket dengan harga sekitar 50 dinar Yordania, harga sejumlah itu sudah termasuk untuk menaiki kuda sampai gerbang The Siq. Sementara untuk menuju Kota tua petra kita bisa mengunjunginya dari Dubai sekitar 2 jam perjalanan menggunakan pesawa terbang. Sepanjang perjalanan menuju kota tua Petra kita akan disuguhkan kepada pemandangan indah, laut mati dan arsitektur kota tua petra yang dijuluki dengan The Rose-Red City.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi