Bagaimana cara membeli tiket dan naik MRT di Singapura ?

Pertanyaan seperti diatas sering sekali terlontar dari para wisatawan yang akan berkunjung dan menikmati liburan di Singapura, sebuah hal yang wajar karena untuk berlibur dan menikmati setiap sudut kota Singapura memerlukan transfortasi publik yang aman dan nyaman dan MRT merupakan salah satu pilihan alat transfortasi yang aman dan nyaman tersebut.

Karena MRT merupakan salah satu alat transfortasi yang belum ditemukan di negara kita maka sering sekali terutama wisatawan yang baru berkunjung ke Singapura merasa kebingungan bagaimana cara membeli tiket dan naik MRT di Singapura, untuk itulah sebagai bahan informasi kami tampilkan beberapa tips unruk membeli dan naik MRT di Singapura.

Bagaimana cara membeli tiket dan naik MRT di Singapura ?
Bagaimana cara membeli tiket dan naik MRT di Singapura ?

Yang pertama yang harus dilakukan adalah mencari statsiun MRT terdekat dari tempat Anda berkeliling atau berwisata. Untuk mengetahui statsiun MRT terdekat yang bisa dijangkau maka perhatikan tanda plang yang menunjukan kehadiran statsiun MRT terdekat. Plang berwarna merah hijau, beserta dengan gambar KRL serta tulisan MRT dengan disertai petunjuk arah lokasi Statsiun adalah salah satu petunjuk untuk menuju statsiun MRT.

Setelah menemuan statsiun maka saatnya mencari mesin penjual tiket, sebelum menemukan mesin penjual tiket Anda di haruskan untuk tahu tiket jalur MRT mana yang akan di beli, jalur-jalur MRT tersebut diantaranya jalur hijau/ East West Line. Jalur ini biasanya merupakan jalur yang sering dipakai wisatawan karena menghubungkan Bandara Changi, Pasir Ris, Joo Koon. Jalur yang kedua adalah jalur merah atau North South Line yang menghubungkan Marina Bay, Jurong East, Orchard Road. Jalur yang ketiga adalah Jalur ungu atau North East Line yang biasanya menghubungkan antara Punggol sampai Harbour Front, serta Mustafa/Chinatown.

Sementara jalur keempat adalah jalur kuning atau Circle Line, adalah sebuah jalur yang menghubungkan pusat kota Singapura Harbour Front dan Marina Bay. Jalur-jalur warna ini akan terdapat dalam peta jadi kenali jalur dan cocokan dengan peta. Untuk membeli tiket kita perlu menuju sebuah mesin bernama General Ticketing Machine, perhatikan layar GTM lalu pilih Buy Standard Ticket jika ingin membeli tiket MRT sekali jalan lalu pilih statsiun yang akan dituju.

Bagaimana cara membeli tiket dan naik MRT di Singapura ?
Bagaimana cara membeli tiket dan naik MRT di Singapura ?

Setelah mesin menghitung ongkos MRT masukan uang ongkos ke tempat koin atau slot uang kertas, jika uang lebih maka otomatis mesin akan memberi kembalian. Setelah mendapatkan tiket maka cara selanjutkanya adalah menyentuhkan tiket ke portal agar pintu terbuka dan kita bisa masuk kedalam peron. Selama di MRT kita tidak boleh merokok, makan dan minum serta barang yang mudah terbakar dan berbau menyengat seperti durian. Lalu selama di MRT juga terdapat beberapa tempat duduk khusus yang ditujukan untuk orang tertentu seperti manula, wanita hamil, anak-anak, orang sakit dan lain-lain jadi dahulukan mereka sebelum Anda duduk.

Setelah naik saatnya untuk mengetahui statsiun tempat turun, perhatikan peta rute serta papan eletronik dalam MRT yang menjelaskan statsiun yang akan dituju selanjutnya. Jangan sampai terlewat dan semoga bisa menikmati perjalanan Anda naik MRT Singapura yang nyaman.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *