Keindahan Wisata Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur

Kota Kediri Jawa Timur memang menyimpan beragam kekayaan alam. Salah satunya adalah air terjun yang ada di daerah ini. Namanya adalah air terjun Dolo Kediri Jawa Timur. Banyaknya air terjun yang ada di daerah ini menarik para wisatawan lokal dan juga asing untuk berkunjung. Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur terletak di dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur. Untuk sampai ke air terjun ini memerlukan jarak tempuh dari Kota Kediri ke arah barat, kurang lebih 25 kilometer. Walaupun memang agak jauh, tapi pemandangan yang disuguhkan di sepanjang jalan menuju lokasi yang terbilang sangat indah dan juga asri.

Pesona Keindahan Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur

Letak air terjun Dolo yang berada di pegunungan membuat tempat wisata ini memiliki suhu yang amat dingin, bahkan ketika cuaca memburuk, wilayah ini akan tertutup oleh kabut. Tentu saja cuaca dingin dan suhu air yang dingin, akan bertambah dingin ketika kabut mulai datang. Begitu mendekati air terjun ini, kita langsung merasakan butiran-butiran air terjun yang sebagian terbang mengikuti angin. Suara gemuruh airnya melengkapi sensasi Air Terjun Dolo. Kita disuguhkan suasana alam yang bijkin hati terasa damai. Kita bisa mengabadikannya dengan berfoto bersama keluarga juga teman dan sahabat. Beberapa meter dari air terjun, kita dapat menemukan kebun sayur dan strawberry di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu. Untuk wisatawan dapat membeli sayuran dan strawberry yang masih segar dan dapat memetiknya sendiri.

Kisah Sejarah Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur

Sejarah air terjun Dolo Kediri Jawa Timur ini sudah ada sejak berabad-abad lalu, tepatnya pada zaman kewalian. Ada fenomena tidak biasa. Yaitu ada benda yang bisa terlihat dengan mata, namun tiba-tiba menghilang. Benda yang aneh ini kadang terlihat dan kadangkala menghilang. Benda tersebut tergantung di atas pohon yang ada di samping air terjun. Itulah legenda air terjun Dolo Kediri yang lekat di masyarakat hingga sekarang. Dolo, dalam bahasa setempat berarti menggantung. Benda aneh yang menggantung itulah yang menjadi asal nama air terjun ini.

Fasilitas Wisata Air Terjun Dolo

Adapun berbagai fasilitas penunjang yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan selama di tempat ini antara lain :

  • Jogging Track atau jalan khusus untuk lari pagi
  • Hiking Area
  • Taman Bermain
  • Berkebun
  • Area Perkemahan

Tiket Masuk Air Terjun Dolo

Tiket masuk air terjun Dolo Kediri sudah termasuk biaya parkir kendaraan yaitu sebesar Rp.3.000. Setelah  kendaraan dititipkan, Anda harus jalan kaki sekitar 500 meter dan melewati jumlah anak tangga air terjun Dolo yang ratusan bahkan ribuan. Anda akan dilihatkan pemandangan jalan naik yang sangat indah.

Rute Menuju Air Terjun Dolo

Untuk perjalanan menuju Air Terjun Dolo, kita harus berhenti di dusun Besuki dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Kita dapat langsung memandang dan menikmati panorama desa Jugo, Mojo, juga pemandangan sekitar menara pemancar telepon seluler dan relay televisi. Setelah beristirahat beberapa menit di dusun Besuki, kita dapat melanjutkan perjalanan ke Dolo. Jarak tempuh dari Besuki sekitar 4 kilometer. Sampai di titik pemberhentian, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju air terjun. Setelah 10 menit menapaki jalan, kita lalu akan mendengar gemericik air terjun. Tak sabar rasanya untuk menapakkan kaki di tengah dinginnya air terjun. Letak kawasan wisata air terjun ini kurang lebih 1.800 meter di atas permukaan laut. Sedang ketinggian air terjunnya sendiri diperkirakan mencapai 125 meter.