10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata alam, ada banyak juga wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi selama berada di Sumatera Barat. Dalam artikel kali ini, Anda akan diajak untuk melihat 10 dari berbagai tempat wisata menarik yang tersebar di provinsi Sumatera Barat. Mari kita lihat satu persatu tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi di provinsi yang kental dengan adat budayanya ini.

  1. Lembah Anai
Lembah Anai
Lembah Anai

Lembah Anai merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Padang atau di provinsi Sumatera Barat. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan dari jalur trans Sumatera membuat lembah Anai mudah dikunjungi dan menjadi maskot dari pariwisata di provinsi Sumatera Barat. Saat sampai disana, Anda akan disuguhi oleh pemandangan yang indah dimana terdapat bukan hanya satu melainkan 3 air terjun indah dengan ketinggian rata-rata sekitar 35 meter. Bila Anda menginap di kota Padang, maka akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke lokasi Lembah Anai yang berjarak sekitar 65 km dari pusat provinsi Sumatera Barat tersebut.

  1. Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik merupakan tempat yang unik dan untuk mencapainya, Anda perlu menempuh perjalanan yang terjal untuk bisa ke puncak Sitinjau Lauik. Namun semua itu terbayarkan dengan pemandangan yang disuguhkan dari puncak Sitinjau Lauik. Bila Anda datang di siang hari maka Anda akan melihat samudera Atlantik yang berada di kejauhan dan juga pemandangan hutan yang hijau dan sangat luas. Namun saat Anda datang di malam hari maka Anda akan dapat menikmati pemandangan yang indah dari kelap kelip lampu kota Padang yang bisa memukau Anda. Sesampainya di puncak Sitinjau Lauik, Anda juga dapat menikmati nyamannya berendam di pemandian umum dan melupakan kepenatan sejenak setelah menempuh perjalanan yang jauh dan terjal untuk sampai ke puncak Sitinjau Lauik tersebut.

  1. Pantai Padang
Pantai Padang
Pantai Padang

Pantai Padang mungkin merupakan pantai yang paling terkenal di Padang. Hal ini dikarenakan lokasinya yang sangat dekat dengan kota Padang sehingga sangat mudah dicapai dari kota Padang. Tidaklah mengherankan jika pantai ini sering dipadati oleh masyarakat Padang terutama di hari-hari libur hanya untuk sekedar melepaskan lelah atau berekreasi bersama keluarga. Dipantai ini sudah disediakan arena khusus untuk anak-anak bermain sehingga akan nyaman bagi keluarga yang membawa anak-anak yang masih kecil untuk berekreasi di pantai ini dan menikmati angin laut yang sejuk.

  1. Air Terjun Tiga Tingkat
Air Terjun Tiga Tingkat
Air Terjun Tiga Tingkat

Jika Anda bertanya tempat wisata manakah yang paling indah di wilayah Sumatera Barat, maka air terjun tiga tingkat inilah jawabannya. Air terjun ini mungkin indah namun sayangnya belum cukup terkenal dan bahkan warga atau masyarakat Padang pun tidak terlalu familiar dengan air terjun yang satu ini. Bila Anda menyukai petualangan dan kegiatan mendaki maka air terjun ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda kunjungi. Air terjun ini mendapatkan namanya karena memang ada 3 tingkat air terjun sebelum akhirnya menjadi sungai kecil yang airnya sangat segar dan sejuk. Bila Anda ingin menaiki hingga ke puncak, Anda harus berhati-hati sebab jalurnya licin dan terjal sehingga akan menguras tenaga Anda.

  1. Museum Adityawarman
Museum Adityawarman
Museum Adityawarman

Bila Anda berkunjung ke Padang, maka jangan lupa untuk menyempatkan waktu mengunjungi museum Adityawarman ini. Museum yang memiliki desain tradisional khas rumah Padang ini juga termasuk sebuah ikon dari kota Padang. Museum ini sendiri dibangun di tahun 1974 yang menjadi tempat disimpannya berbagai macam benda bersejarah yang menjadi saksi bisu dari setiap kejadian penting yang terjadi di provinsi Sumatera Barat, terutama kota Padang. Museum ini sendiri terletak di area yang cukup luas yaitu seluas 2.6 ha dan wajib untuk Anda kunjungi saat di kota Padang.

  1. Pantai Air Manis
Pantai Air Manis
Pantai Air Manis

Nama pantai Air Manis sudah sangat terkenal di Padang dan merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di Sumatera Barat. Alasannya adalah batu yang disebutkan di dalam cerita legenda rakyat Sumatera Barat yaitu Malin Kundang yang dikutuk karena durhaka terhadap ibunya. Masyarakat setempat percaya bahwa cerita ini bukanlah cerita rakyat saja atau semata-mata sebuah dongeng melainkan sebuah kisah nyata dan mengajarkan mereka untuk selalu menghormati ibu mereka. Bila Anda mengunjungi pantai ini maka Anda dapat melihat batu yang disebut sebagai Malin Kundang yang telah dikutuk. Bila Anda melihatnya, maka Anda tentukan sendiri apakah kisah ini nyata atau hanya dongeng semata. Selain batu Malin Kundang, Anda juga dapat menikmati pantai ini dan berekreasi di pantai Air Manis ini.

  1. Pantai Nirwana
Pantai Nirwana
Pantai Nirwana

Satu lagi wisata pantai yang wajib Anda kunjungi adalah pantai Nirwana. Nama ini pantas diberikan kepada pantai yang indah ini sebab memang pantai ini memukau setiap wisatawan yang datang dengan pasirnya yang putih dan juga pantainya yang jernih dan berwarna biru muda yang menggoda Anda untuk berenang atau bermain air. Anda dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam disini dan ditambah akses yang mudah dan suasana pantai yang sangat nyaman, maka pantai Nirwana merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib untuk Anda kunjungi.

  1. Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak menawarkan suasana pantai yang tenang dan nyaman dan umumnya didatangi oleh para kaum muda di kota Padang untuk sekedar bersantai dan menikmati suasana pantai dengan anginnya yang sepoi-sepoi dan ombaknya yang menderu. Jaraknya yang tidak terlalu jauh menjadikan pantai yang satu ini menjadi tempat tujuan wisata masyarakat Padang untuk bersantai dan bahkan menikmati pemandangan matahari terbenam.

  1. Miniatur Makkah
Miniatur Makkah
Miniatur Makkah

Salah satu objek wisata lainnya yang wajib Anda kunjungi saat Anda mengunjungi kota Padang adalah Miniatur Makkah. Ini merupakan objek wisata agama atau religius yang ada di daerah Lubuk Minturun yang pembangunanya baru selesai sekitar 5 tahun yang lalu atau di tahun 2010. Karena bentuknya yang unik dan benar-benar mirip dengan Makkah maka objek wisata yang satu ini dengan cepat menjadi terkenal dan umumnya digunakan oleh para calon jamaah haji untuk melakukan simulasi sebelum mereka berangkat naik Haji. Anda juga bisa menikmati berbagai macam hewan seperti ular, ikan, dan bahkan unta di tempat ini.

  1. Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya

Nama jembatan ini mungkin tidak asing di telinga Anda. Ya, benar, namanya berasal dari sebuah cerita yang terkenal dari provinsi Sumatera Barat yaitu Siti Nurbaya. Jembatan ini wajib Anda kunjungi terutama di malam hari dimana mata Anda akan terkesima oleh suguhan lampu-lampu dan berbagai macam kuliner di daerah tersebut. Tidaklah heran jika mulai sore hari, jembatan ini mulai padat mulai dari aktivitas orang menikmati matahari terbenam hingga menikmati santapan malam dari berbagai jenis kuliner yang tersedia disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *