10 Tempat Wisata Terkenal di Garut Jawa Barat

Wisata Jawa Barat sering diidentikkan dengan wisata Kota Bandung dan Lembang. Namun, Jawa Barat sebenarnya masih memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Salah satunya adalah Kabupaten Garut yang berdekatan dengan Kabupaten Bandung sebagai alternatif untuk Anda yang menginginkan suasana liburan berbeda dari Provinsi Jawa Barat.

Garut ada sebuah kabupaten yang wilayahnya sebagian besar adalah pegunungan dengan lima gunung yang mengelilingi kabupaten ini dan sebagian wilayah lainnya adalah daerah pantai di bagian selatan. Dengan kondisi geografisnya, sebagian besar daerah wisata di Garut merupakan wisata alam yang sangat indah. Tidak seperti kota besar, alam Garut sangat sedikit tersentuh oleh pembangunan sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan yang alami dengan udara yang bersih. Ada juga wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan. Untuk Anda yang ingin tahu tentang tempat-tempat wisata terkenal di Garut, berikut ini adalah ulasannya.

  1. Situ Bagendit
Situ Bagendit
Situ Bagendit

Berlokasi di kecamatan Banyuresmi, Situ Bagendit adalah danau yang sangat terkenal di Garut. Danau ini menjadi salah satu tempat wisata favorit karena alamnya yang sangat indah, udara yang sejuk, dan lingkungannya yang bersih dan terjaga baik walaupun banyak wisatawan yang berkunjung setiap harinya. Situ Bagendit merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan seperti berpiknik di pinggir danau sambil menikmati pemandangan yang indah, memancing, menaiki perahu, bermain sepeda air, dan menaiki rakit. Di lokasi Situ Bagendit juga ada kolam renang dan taman yang bisa digunakan sebagai tempat bermain untuk seluruh anggota keluarga.

  1. Gunung Papandayan
Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah tempat wisata yang sangat terkenal, bukan hanya di Garut tetapi juga di Bandung karena jaraknya yang hanya 70km dari Kota Bandung. Jadi, tidak heran jika banyak warga Bandung yang berwisata ke gunung berapi ini. Tempat masuk ke kawasan Gunung Papandayan adalah di Kecamatan Cisurupan. Kawah dan sumber air panas merupakan daya tarik utama dari gunung ini. Seperti halnya sumber air panas alami lainnya, air panas Gunung Papandayan diyakini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Gunung ini juga menjadi tujuan para pencinta alam untuk melakukan pendakian dan menikmati indahnya matahari terbit dari puncak gunung. Untuk Anda yang berminat untuk mendaki gunung, ingatlah bahwa puncak gunung memiliki suhu yang cukup dingin sehingga jangan lupa untuk membawa baju hangat. Perlu juga untuk memperhitungkan kondisi cuaca agar pendakian aman.

  1. Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya

Daerah selatan Garut adalah wilayah pantai selatan yang salah satu pantainya adalah Pantai Rancabuaya yang terkenal. Sebagai wilayah yang berbatasan dengan Samudra Hindia, ombak di pantai ini tergolong cukup besar. Namun, di pantai ini juga banyak batu karang yang besar yang membantu memecah gelombang dan menciptakan pemandangan indah. Yang membuat pantai ini sangat indah dan unik adalah adanya air terjun yang menghadap laut seperti yang didapati di pantai di daerah Pacitan. Hal lainnya yang menarik untuk dinikmati adalah melihat ikan-ikan yang terperangkap di antara batu karang.

  1. Pantai Santolo
Pantai Santolo
Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet yang jaraknya 88km ke arah selatan dari Kota Garut. Pantai ini sangat terkenal dan merupakan salah satu andalan tempat wisata di Garut sehingga telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata dan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung. Namun, walaupun cukup terkenal, pantai ini masih tergolong hening sehingga cocok untuk berelaksasi sambil menikmati panorama pantai yang indah.

  1. Pemandian Air Panas Cipanas
Pemandian Air Panas Cipanas
Pemandian Air Panas Cipanas

Cipanas merupakan tempat pemandian air panas alami yang letaknya hanya 6km dari Kota Garut. Dari Kota Bandung, Cipanas Garut berjarak sekitar 50km. Air panas alami di Cipanas ini mengandung banyak mineral yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit. Wisatawan yang berkunjung ke Cipanas bisa beristirahat sambil menikmati nyamannya berendam di air hangat alami atau sekedar bermain air di kolam renang. Di kawasan Cipanas ini telah dibangun beberapa fasilitas penunjang wisata, termasuk penginapan sehingga wisatawan bisa memilih untuk menginap. Mengunjungi kawasan ini sangat mengasyikan karena di sepanjang perjalanan menuju Cipanas, wisatawan bisa menikmati panorama alam yang indah dengan daerah pegunungan dan hamparan sawah.

  1. Curug Orok
Curug Orok
Curug Orok

Curuk Orok adalah air terjun yang paling terkenal di Garut. Lokasinya adalah di Desa Cikandang. Selain karena keindahannya yang luar biasa, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter ini juga memiliki cerita legenda yang sangat menarik perhatian. Menurut warga sekitar, pada jaman dahulu ada ibu yang pergi ke atas air terjun dan membuang bayinya. Dalam bahasa Sunda, orok berarti bayi. Oleh karena itulah, air terjun ini dinamakan Curug Orok. Untuk masuk ke dalam lokasi wisata Curug Orok ini, wisatawan harus membayar tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah per orang.

  1. Candi Cangkuang
Candi Cangkuang
Candi Cangkuang

Candi Cangkuang adalah wisata sejarah paling terkenal di Garut yang terletak di Kecamatan Leles. Banyak sekali wisatawan dari sekitar Garut yang berkunjung ke candi ini termasuk dari Bandung dan Cirebon. Bahkan, wisatawan dari Bogor dan Jakarta juga tidak mau ketinggalan. Candi ini adalah peninggalan Kerajaan Sunda Galuh yang merupakan candi Hindu. Wisatawan harus menaiki rakit untuk menyeberang danau dan mencapai Candi Cangkuang. Tidak perlu takut karena biaya menaiki rakit cukup murah.

  1. Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje

Berlokasi di Kecamatan Cibalong, Pantai Karang Paranje merupakan pantai yang luas dengan wilayah kurang lebih 9 hektar. Seperti namanya, keunikan utama dari pantai ini adalah gugusan karang yang berada di sepanjang garis pantai. Walaupun merupakan wilayah pantai selatan, wisatawan bisa menikmati matahari terbenam di bagian barat pantai. Pantai ini masih sangat alami dengan sedikit sekali pembangunan sehingga lingkungannya masih asri, bersih, hening, dan damai. Dengan begitu, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut yang luas dengan tenang.

  1. Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk Indah

Merupakan pantai yang indah dan masih alami, Pantai Cijeruk Indah juga belum mengalami banyak pembangunan sehingga masih sangat bersih dengan air jernih dan panorama laut dan daerah pantai yang memukau. Lokasi pantai ini adalah di Desa Sagara. Di dekat desa ini ada perkebunan karet yang terawat dengan baik. Dalam perjalanan, wisatawan bisa menikmati indahnya pohon-pohon karet yang tertata rapi dan hewan-hewan ternak yang digembalakan di perkebunan tersebut.

  1. Pantai Puncak Guha
Pantai Puncak Guha
Pantai Puncak Guha

Satu lagi pantai yang terletak di Garut Selatan, Pantai Puncak Guha memiliki kelebihan yang bisa membuat wisatawan terpukau. Dinamai Puncak Guha karena pantai ini menawarkan keindahan pemandangan samudra yang bisa dinikmati dari atas tebing. Di bawah tebing, hidup ratusan kelelawar yang juga menjadi salah satu daya pikat dari pantai ini. Pantai Puncak Guha ini juga masih sangat alami dan bebas dari pedagang. Oleh karenanya, para wisatawan harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri jika akan berkunjung ke pantai ini.