10 Tempat Wisata di Bogor yang Sayang untuk Dilewatkan

Bogor menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Kebanyakan tempat wisata yang tersedia di kota ini merupakan wisata alam hal ini dikarenakan kota ini merupakan kota dengan curah hujan tinggi sehingga menunjang untuk pengembangan berbagai destinasi wisata yang berkonsep alam. Kota ini menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik bagi pengunjung dari kota Jakarta ataupun kota lainnya untuk menikmati suasana berbeda dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersedia di kawasan ini. Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang ada di Bogor yang sepertinya sayang bila dilewatkan.

  1. Istana Bogor
Istana Bogor
Istana Bogor

Istana Bogor menjadi salah satu tempat wisata yang bisa dikatakan sebagai destinasi wajib bagi pengunjung yang datang ke kota hujan ini. Istana ini merupakan salah satu istana kepresidenan Republik Indonesia. Di kawasan istana tersebut terdapat banyak rusa-rusa dari Nepal yang berkeliaran dengan bebas di sekitar istana. Para pengunjung pun bisa membeli wortel-wortel dari kebun petani lokal sebagai pakan rusa tersebut. Dengan dibukanya istana ini sebagai tempat yang bisa dikunjungi oleh umum menjadikan semua pengunjung bisa mengenal dan lebih dekat dengan pemerintah.

  1. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Berlokasi tak begitu jauh dari kediaman presiden di Istana Bogor, wisatawan bisa mengunjungi kebun botani yang sudah terkenal sejak lama yaitu Kebun Raya Bogor. Koleksi tanaman yang ada di kawasan kebun raya ini sekitar 15.000 jenis tumbuhan dengan luas area mencapai 87 hektar. Di antara berbagai jenis tanaman yang tumbuh di kawasan kebun raya ini, keberadaan bunga bangkai merupakan salah satu daya tarik yang cukup unik bagi para wisatawan. Berbagai pohon besar dan tinggi menjulang yang telah berusia tua pun bisa dijumpai di kawasan kebun raya di kota hujan ini. Dengan mengunjungi kebun botani ini, pengunjung sepertinya akan sangat terpuaskan untuk mengenal lebih dalam tentang berbagai jenis flora yang ada. Ini merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang sangat cocok ketika Anda berkunjung di kota Bogor terutama bersama anak-anak dan keluarga Anda.

  1. Museum Zoologi Bogor
Museum Zoologi Bogor
Museum Zoologi Bogor

Sebagian orang mungkin akan berpikiran bahwa mengunjungi museum akan memberikan pengalaman liburan yang membosankan. Namun, Anda sebaiknya tidak buru-buru memiliki pemikiran tersebut sehingga Anda melewatkan untuk mengunjungi Museum Zoologi Bogor. Di museum ini, pengunjung bisa menemukan berbagai jenis hewan yang diawetkan dengan varian satwa yang sangat beragam dan banyak mulai dari berbagai jenis satwa liar, satwa yang telah punah, ataupun beberapa jenis satwa yang masih belum Anda kenal sebelumnya. Jenis satwa yang tersedia pun beragam mulai dari mamalia, burung, amfibi dan reptile, serangga, hingga molusca. Dengan berbagai koleksi satwa yang telah diawetkan tersebut bisa menjadikan museum ini sebagai tempat belajar tentang berbagai jenis satwa dengan suasana yang berbeda dan pastinya sangat menyenangkan.

  1. Kampung Sindang Barang
Kampung Sindang Barang
Kampung Sindang Barang

Bila Anda menyukai berbagai destinasi wisata budaya, Anda sebaiknya tidak melewatkan untuk mengunjungi Kampung Sindang Barang yang merupakan salah satu tempat wisata budaya yang ada di kawasan Bogor. Kampung ini merupakan kampung adat karena di kampung ini Anda bisa melihat bagaimana warga masih teguh memegang tradisi dan budaya dari leluhur yang diwariskan secara turun temurun. Dengan mengunjungi kampung ini, Anda bisa mengenal dan menggali lebih jauh tentang bagaimana budaya serta adat asli Sunda. Di kampung ini pula, Anda bisa lebih dekat dengan suasana pedesaan dan alam yang begitu mempesona. Namun demikian, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi ketika ingin mengunjungi kampung ini. Meskipun lokasi kampung ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Bogor, namun belum ada akses transportasi umum yang tersedia hingga kampung tersebut.

  1. Situ Gede Bogor
Situ Gede Bogor
Situ Gede Bogor

Di kawasan Jawa Barat akan banyak dijumpai berbagai situ yang artinya adalah telaga ataupun danau kecil. Salah satu situ yang bisa Anda kunjungi di kota Bogor adalah Situ Gede. Situ ini berlokasi di kelurahan Situgede, Bogor Barat. Tempat wisata situ ini berada masuk ke dalam kawasan hutan penelitian berada di bawah naungan Badang Litbang Kehutanan. Keunikan yang ada di kawasan situ ini adalah keindahan alam yang terbentang di kawasan tersebut. pengunjung bisa merasakan suasana yang nyaman dan rileks saat berada di kawasan tersebut. Selain bersantai dengan duduk di bawah rindangnya pohon yang berada di sekitar situ, Anda pun bisa melakukan aktivitas memancing. Menikmati suasana yang lebih tenang dan damai dengan mengayuh perahu pun akan memberikan pengalaman berbeda dalam kunjungan Anda.

  1. Wisata Taman Riung Gunung Puncak
Wisata Taman Riung Gunung Puncak
Wisata Taman Riung Gunung Puncak

Kawasan Puncak Bogor mungkin sudah bukan hal asing lagi bagi banyak wisatawan terutama pengunjung dari kota Jakarta. Hal ini memang bukan hal aneh karena lokasi Wisata Taman Riung ini berada di kawasan dataran tinggi dengan nuansa alam yang masih segar sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melepaskan lelah setelah berbagai rutinitas dan aktivitas di ibukota. Di kawasan obyek wisata tersebut, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas bersama keluarga seperti menikmati keunikan kolam terapi ikan, menikmati kesejukan di kawasan kebun teh, ataupun memilih penginapan yang dekat dengan alam untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga. Bahkan, bila Anda ingin menikmati pengalaman berbeda berlibur bersama keluarga, Anda pun bisa berkemah di salah satu lokasi yang ada di kawasan tersebut.

  1. Warso Farm
Warso Farm
Warso Farm

Warso Farm bisa menjadi salah satu destinasi wisata bersama keluarga. Berbeda dengan beberapa lokasi wisata dengan konsep taman ataupun kebun yang menyajikan berbagai jenis tanaman, di kawasan perkebunan ini pengunjung seperti berada di surga durian. Kebun ini menawarkan berbagai jenis pohon durian yang tumbuh secara subur dan berbuah banyak saat musimnya. Meskipun demikian, pengunjung tidak diizinkan untuk memetik dan mengambil buah durian langsung dari pohon. Bila pengunjung ingin mencicipi buah durian, mereka bisa mencicipinya dari penjual yang ada di sekelilingnya.

  1. The Jungle Waterpark
The Jungle Waterpark
The Jungle Waterpark

Menghabiskan liburan bersama keluarga ataupun teman bisa juga Anda lakukan dengan mengunjungi The Jungle Waterpark yang menawarkan berbagai permainan air dengan berbagai keseruan dan tantangan. Beberapa wahana permainan yang tersedia juga merupakan permainan yang aman bagi anak-anak sehingga Anda tak perlu khawatir tentang keselamatan dan keamanan anak Anda selama berlibur. Selain berbagai wahana permainan air yang seru dan menarik, Anda pun bisa menikmati makan siang di beberapa sudut yang ada di lokasi ini. Anda juga bisa menikmati keseruan menonton film di 3D cinema yang seru. Ini akan menjadikan liburan bersama keluarga menjadikan moment yang sangat luar biasa untuk mendekatkan dan menjalin hubungan yang lebih harmonis dan penuh keakraban.

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Bila Anda menyukai berbagai tantangan ataupun keseruan menikmati petualangan dengan suasana hutan, Anda sebaiknya tidak melewatkan untuk mengunjungi Taman Nasional Gudung Gede Pangrango dengan berbagai jenis flora dan faunanya. Keberadaan taman nasional ini adalah untuk menjaga konservasi flora khas dari pegunungan dengan ekosistem yang berguna bagi kehidupan sekitar. Taman nasional ini merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Meskipun kebanyakan flora yang ada di kawasan taman nasional merupakan flora pegunungan, Anda pun bisa menemukan beberapa tanaman jenis paku-pakuan dan bunga. Namun, beberapa jenis fauna yang ada di kawasan ini terancam punah seperti owa Jawa, lutung surili, dan macan tutul. Berkunjung ke Taman Nasional ini akan memberikan pengalaman seru mengenal lebih dekat tentang flora dan fauna.

  1. Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari

Destinasi wisata Bogor ini sangat terkenal di beberapa tahun terakhir ini bahkan tak sedikit orang menjadikan tempat wisata yang satu ini sebagai salah satu ikon wisata kota Bogor. Keunikan dari taman wisata ini adalah menyajikan berbagai kekayaan hayati khas Indonesia terutama untuk berbagai jenis buah-buahan tropis. Bahkan, taman buah Mekarsari merupakan taman buah terbesar di dunia saat ini dengan sajian berbagai jenis tanaman buah yang berjenis unggulan. Selain sebagai tempat wisata, taman wisata ini juga seringkali dijadikan sebagai lokasi penelitian serta budidaya tanaman bibit unggul yang nantinya akan disebarluaskan kepada masyarakat luas. Selain berbagai taman buah yang menarik, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana lain yang bisa menyegarkan pikiran serta menikmati kebersamaan bersama keluarga dengan lebih dekat dengan alam sambil menikmati beragam permainan yang menarik.