10 Tempat Wisata di Bengkulu Yang Wajib Dikunjungi

Bengkulu adalah sebuah propinsi yang berada di pesisir barat pulau Sumatera. Selama ini, orang hanya mengenal propinsi tersebut sebagai salah satu dari sedikit tempat di Indonesia yang merupakan tempat tumbuh bunga Rafllesia Arnoldi yang sangat terkenal. Padahal, sejatinya propinsi tersebut memiliki keindahan alam dan berbagai destinasi wisata unik yang sangat menarik untuk dikunjungi kala liburan. Bengkulu juga memiliki berbagai kuliner unik, mulai dari tempoyak yang terbuat dari daging buah durian, bagar kambing, pendap hingga lemah yang merupakan makanan hasil fermentasi rebung bambu.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja tempat wisata terkenal di Propinsi Bengkulu, berikut kami rangkumkan 10 di antaranya:

  1. Pantai Panjang
Pantai Panjang
Pantai Panjang

Dengan garis pantai sepanjang 7 km, pantai ini merupakan objek wisata yang sangat ikonik di propinsi Bengkulu. Pantai ini berada di kawasan strategis pariwisata di propinsi tersebut, sehingga memiliki fasilitas dan akomodasi yang terbilang lengkap. Jarak pantai ini dari pusat kota Bengkulu cukup dekat, yakni hanya sekitar 3 km atau 14 menit berkendara.

Daya Tarik pantai ini adalah pasir putih, ombak yang cukup tenang, deretan pohon cemara yang berjajar rapi serta fasilitas olahraga dan arena bermain anak yang sangat lengkap. Banyak warga Bengkulu yang melakukan olahraga pagi maupun sore hari di lintasan jogging yang ada di pinggir pantai tersebut. Saat sore tiba, banyak wisatawan yang menunggu matahari terbenam atau sunset. Terdapat pula persewaan papan surfing bagi pengunjung yang ingin mencoba menaklukkan ombak.

  1. Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah Pengasingan Bung Karno

Bengkulu adalah kota yang pernah digunakan oleh Belanda untuk mengasingkan Bung Karno. Presiden pertama yang juga merupakan salah satu proklamator kemerdekaan Republik Indonesia tersebut menempati sebuah rumah yang disediakan oleh pemerintah Belanda antara tahun 1938 hingga tahun 1942. Rumah tersebut saat ini dijadikan salah satu bangunan bersejarah yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan domestik yang ingin tahu sejarah pengasingan Bung Karno. Rumah tersebut kini menyimpan berbagai peninggalan Bung Karno, mulai dari sepeda ontel, buku – buku hingga surat cinta beliau untuk Fatmawati, gadis Bengkulu yang kemudian menjadi istri beliau.

  1. Benteng Marlborough
Benteng Marlborough
Benteng Marlborough

Benteng Marlborough adalah sebuah benteng pertahanan milik tentara Inggris yang berada di Pantai Barat Sumatera, atau tepatnya berada di propinsi Bengkulu. Benteng ini dibangun untuk membantu Bengkulu yang kala itu merupakan daerah monopoli pedagangan rempah – rempah. Benteng ini sendiri dibangun tahun 1713 hingga 1719 oleh East India Company atau EIC. Pada masa itu, benteng ini dianggap sebagai benteng pertahanan terkuat Inggris kedua setelah St. George di Madras, India.

Saat ini, benteng Marlborough menjadi salah satu destinasi wisata sekaligus landmark kota Bengkulu yang sangat menarik untuk dikunjungi. Benteng yang berdiri di atas lahan seluas 44.100 m tersebut dibangun dengan konsep arsitektur mirip kura – kura.

  1. Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi

Pantai yang berada satu deretan dengan Pantai Panjang ini mulanya adalah pusat pelabuhan pertama di Bengkulu sekaligus menjadi penunjang transportasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu. Jarak pantai ini hanya sekitar 100 meter dari Benteng Marlborough sehingga banyak yang berkunjung ke sana sekaligus masuk ke dalam benteng. Seperti halnya di Pantai Panjang, di Tapak Paderi, wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan Samudera Hindia sembari menunggu sunset.

  1. Kota Curup
Kota Curup
Kota Curup

Curup adalah ibukota kabupaten Rejang Lebong yang merupakan salah satu daerah tingkat II propinsi Bengkulu. Curup adalah rumah bagi bunga legendaris, Rafflesia Arnoldi. Banyak ahli yang meyakini bahwa bunga tersebut dapat tumbuh di daerah Curup karena cuacanya cukup dingin. Kota ini sendiri berdiri di atas pegunungan Bukit Barisan sehingga juga merupakan kota penghasil sayur mayur. Suhu udara di kota Curup, pada pagi hari berkisar antara 18 hingga 20 derajat celcius, yang membuat kota ini sering diselimuti kabut.

  1. Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah

Danau yang sangat terkenal ini berada di kota Bengkulu. Dikeliling perbukitan hijau, membuat pemandangan di sekitar danau begitu indah. Sekeliling danau Dendam Tak Sudah adalah kawasan cagar alam yang menyimpan begitu banyak potensi ekologi.

Selain panoramanya yang begitu indah, danau ini juga diselimuti dengan cerita mistis yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai asal muasal munculnya danau tersebut. Saat berkunjung ke danau ini, wisatawan dapat melihat pemandangan sekaligus menikmati keindahan danau dengan berperahu atau menaiki rakit. Danau ini juga merupakan spot memancing yang sangat terkenal di Bengkulu.

  1. Danau Mas Harun Bastari
Danau Mas Harun Bastari
Danau Mas Harun Bastari

Berada di Kecamatan Selupu Rejang, kabupaten rejang Lebong, danau ini berjarak kurang lebih 17 km dari pusat kota Curup. Danau ini sendiri berada persis di tepi jalan yang menghubungkan Bengkulu dengan Lubuk Linggau di Sumatera Selatan. Danau ini sangat terkenal dan sangat diminati oleh wisatawan karena letaknya yang sangat dekat dengan bukit Kaba. Wisatawan yang berkunjung ke danau ini kebanyakan adalah keluarga karena terdapat banyak sekali permainan serta fasilitas yang cukup lengkap.

  1. Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu

Ini adalah museum terbesar di Bengkulu yang menyimpan berbagai koleksi benda cagar budaya. Museum ini awalnya berada di dalam Benteng Marlborough, namun pada tanggal 3 januari 1983 dipindahkan oleh pemerintah ke lokasi baru yang hingga saat ini masih digunakan. Ada sekitar 6.220 benda koleksi di museum ini yang meliputi setidaknya 10 kategori. Museum ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan pecinta sejarah atau yang memiliki ketertarikan khusus terhadap budaya tradisional, terutama budaya masyarakat Bengkulu.

  1. Bukit Kaba
Bukit Kaba
Bukit Kaba

Bukit Kaba adalah salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Bengkulu. Secara administratif, bukit ini berada di Desa Sumber Urip, kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Meski disebut sebagai bukit, namun sejatinya Bukit Kaba adalah sebuah gunung api aktif tipe A yang pernah meletus sekitar tahun 1600. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.952 mdpl dengan delapan buah kawah yang lima di antara telah tertutup. Karena ketinggiannya, wisatawan yang berkunjung harus rela meniti anak tangga berjumlah 307 untuk bisa sampai ke puncak.  Dari atas Bukit Kaba, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang begitu indah berupa jajaran Bukit Barisan. Tersedia pula kawasan untuk berkemah atau camping ground yang dapat digunakan untuk menyaksikan keindahan lampu kota Curup di malam hari.

  1. Pulau Tikus
Pulau Tikus
Pulau Tikus

Luas Pulau Tikus hanya sekitar 1.5 Ha, namun pulau ini dikelilingi kawasan terumbu karang yang sangat luas yang melindungi pulau tersebut dari ancaman abrasi. Panorana bawah air pulau ini sangat indah karena memiliki air yang jernih yang dengan jelas memperlihatkan apa saja yang ada di bawahnya.  Oleh karena itulah, wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut mayoritas adalah para pecinta kegiatan bawah air, misalnya diving atau snorkeling.

Pulau Tikus berada sekitar 10 km di sebelah barat kota Bengkulu dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga wisatawan harus menyeberang menggunakan perahu untuk bisa sampai ke sana.