10 Pesona dan Tempat Wisata Menarik di Trenggalek Jawa Timur

Mungkin belum banyak orang yang mengenal sebuah kabupaten yang ada di bagian barat selatan Jawa Timur yaitu Kabupaten Trenggalek. Kabupaten ini memiliki perbatasan dengan Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Nganjuk. Sedangkan untuk bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia. Meskipun daerah ini belum banyak dikenal masyarakat luas, ternyata di kawasan kabupaten yang diapit dengan beberapa pegunungan ini menyimpan banyak destinasi wisata yang berbasis alam dengan pesona keindahan yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur.

  1. Goa Lowo
Goa Lowo
Goa Lowo

Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi ketika Anda berkunjung ke kota kecil Trenggalek adalah Goa Lowo. Goa ini berada di desa Watuagung, kecamatan Watulimo, Trenggalek. Bila ditempuh dari pusat kota kabupaten Trenggalek, lokasi tempat wisata ini memiliki jarak tempuh sekitar 30 km. Sebagaimana namanya, goa ini merupakan salah satu goa yang ada di Indonesia yang menjadi habitat dari lowo (kelelawar). Meskipun jumlah komunitas kelelawar yang ada di goa ini berangsung menurun dari waktu ke waktu, namun, para pengunjung masih bisa menemukan banyak kelelawar yang sedang tidur saat siang hari di beberapa dinding dan atap goa yang cukup gelap. Goa yang ada di kabupaten Trenggalek ini memiliki Sembilan ruang yang bisa dibilang cukup luas dan tinggi. Saat ini, goa ini telah mendapatkan banyak pengembangan oleh pengelola dengan memberikan penerangan listrik dan lampu warna warni di dalam goa sehingga pengunjung bisa lebih menikmati keindahan dari rangkaian stalagtit dan stalagmite yang ada di dalam goa ini.

  1. Pantai Prigi
Pantai Prigi
Pantai Prigi

Tak begitu jauh dari lokasi Goa Lowo, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan wisatanya dengan mengunjungi salah satu pantai yang sudah terkenal di kabupaten ini yaitu Pantai Prigi. Pantai ini masih berada dalam satu kecamatan dengan lokasi Goa Lowo yaitu di kecamatan Watulimo. Jarak untuk menuju ke kawasan pantai ini dari pusat kota Trenggalek sekitar 48 km. Di kawasan pantai ini. oleh pihak pengelola dibagi menjadi dua bagian yang mana di bagian sebelah barat menjadi kawasan obyek wisata sedangkan di bagian timur merupakan bagian Pelabuhan Kapal Nelayan. Pengunjung bisa menikmati beberapa aktivitas di kawasan obyek wisata pantai ini seperti bermain pasir, voli pantai, memancing, ataupun berenang. Wisatawan yang ingin membeli beberapa hasil tangkapan laut bisa mengunjungi lokasi Tempat Pelelangan Ikan yang berlokasi tak jauh dari pelabuhan nelayan.

  1. Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih

Sekitar 3 km dari kawasan Pantai Prigi, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai lain yang ada di Trenggalek yaitu Pantai Pasir Putih. Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang mempesona. Dengan air laut yang jernih serta ombak yang cukup tenang menjadikan kawasan pantai ini menjadi salah satu pilihan wisatawan untuk menikmati masa liburan mereka. di salah satu sisi pantai ini memiliki hamparan batu karang yang cukup menarik dan seringkali dijadikan sebagai salah satu sudut untuk melakukan beberapa sesi pemotretan. Selain menikmati kelembutan pasir putih dan air lautnya dengan bersantai ataupun berenang, wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi perairan pantai ini. di kawasan pantai pasir putih tersebut juga tersedia sebuah jembatan yang berada di tepian pantai yang bisa menjadi salah satu lokasi bagi wisatawan untuk menikmati keindahan panorama pantai dan laut dari sisi yang berbeda.

  1. Pantai Damas
Pantai Damas
Pantai Damas

Destinasi wisata pantai yang berlokasi masih di kecamatan Watulimo Trenggalek yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur adalah Pantai Damas. Pantai ini berlokasi di desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo Trenggalek yang berlokasi sekitar 5 km di sebelah barat daya Pantai Prigi. Pantai ini masih terbilang natural dan belum banyak mendapatkan pengembangan sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata di pantai yang masih alami. Pasir di pantai ini berwarna hitam dan eksotis dengan suasana yang tenang dan nyaman. Pantai ini bisa menjadi pilihan yang cukup menarik bagi Anda yang ingin melepaskan kepenatan dari berbagai rutinitas dan aktivitas keseharian. Selain itu, pantai ini juga bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang memiliki kesenangan berselancar.

  1. Hutan Bakau Pancer Cengkrong
Hutan Bakau Pancer Cengkrong
Hutan Bakau Pancer Cengkrong

Kabupaten Trenggalek tak hanya memiliki kawasan wisata pantai yang bisa dikunjungi. Tak jauh dari kawasan pantai Cengkrong di kecamatan Watulimo, Anda bisa menemukan sebuah hutan bakau atau mangrove yang dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas Kejung Samodra. Di kawasan ini, pengelola menyediakan berbagai bibit tanaman mangrove yang bisa ditanam kembali bila dijumpai ada kerusakan pada tanaman bakau sebelumnya. Dengan mengunjungi kawasan hutan mangrove ini, wisatawan bisa belajar tentang cara membudidayakan tanaman bakau. Selain itu, di kawasan hutan bakau ini juga telah tersedia jembatan kayu yang bisa dijadikan sebagai media bagi pengunjung untuk menikmati panorama alam hutan bakau dengan nyaman dan menyaksikan keindahan aliran sungai Kalisongo menuju ke Pantai Cengkrong.

  1. Pantai Blado
Pantai Blado
Pantai Blado

Selain Kecamatan Watulimo, kecamatan Munjungan Trenggalek juga memiliki beberapa destinasi wisata pantai yang begitu mempesona dan masih alami. Salah satunya adalah Pantai Blado. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan tinggi sehingga banyak peselancar tertarik untuk mengunjungi pantai ini dan menguji kemampuan mereka dalammenaklukan ombak di pantai. Pantai Blado ini berada sekitar 47 km dari pusat kota Trenggalek dan berada di desa Munjungan, Kecamatan Munjungan. Dengan suasana yang masih sangat alami dan tenang, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dengan bersantai ataupun berjalan-jalan di sekitar pantai.

  1. Pantai Ngampiran
Pantai Ngampiran
Pantai Ngampiran

Masih dengan pesona dan keindahan pantai di Trenggalek, Anda bisa memilih Pantai Ngempiran sebagai tujuan wisata bersama keluarga. Pemandangan alam yang ada di kawasan pantai ini begitu mempesona. Di kawasan pantai ini telah tersedia beberapa fasilitas pendukung seperti warung makan, penginapan, toilet, dan lainnya. Selain menikmati keindahan dan pesona alamnya yang masih alami dan luar biasa, pengunjung juga bisa berenang ataupun berlayar bersama nelayan setempat untuk bisa menikmati keunikan dari kawasan pantai ini.

  1. Pantai Pelang
Pantai Pelang
Pantai Pelang

Pantai ini berlokasi cukup jauh dari pusat kota Trenggalek yaitu sekitar 57 km. Namun demikian, pengunjung akan membayar lelahnya perjalanan dengan melihat pesona luar biasa di pantai ini. Pantai Pelang ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan air laut yang jernih. Namun, ombak di pantai ini terbilang cukup besar sehingga pengunjung hendaknya berhati-hati ketika bermain air di pantai. Tak jauh dari kawasan pantai ini terdapat wisata goa dengan kedalaman 500m. Selain itu, ada juga obyek wisata air terjun yang menawan.

  1. Pantai Taman Kili-Kili
Pantai Taman Kili-Kili
Pantai Taman Kili-Kili

Pantai yang berlokasi di desa Wonocoyo, kecamatan Panggul Trenggalek ini merupakan salah satu pantai sebagai tempat penangkaran penyu. Di kawasan pantai ini terdapat empat jenis penyu yang dilestarikan yaitu penyu abu-abu, penyu hijau, penyu belimbing, dan penyu sisik. Selain sebagai tempat pelestarian penyu, kawasan pantai ini juga bisa dijadikan sebagai lokasi untuk menikmati pesona keindahan matahari terbit ataupun tenggelam.

  1. Pusat Industri Kerajinan
Pusat Industri Kerajinan
Pusat Industri Kerajinan

Destinasi wisata lain yang ada di kabupaten Trenggalek adalah beberapa kawasan pusat industri kerajinan. Industri kerajinan yang kini mulai digiatkan antara lain adalah kerajinan batik tulis, kerajinan marmer hitam, kerajinan anyaman bambu, dan kerajinan bordir. Lokasi pusat industri kerajinan yang ada wilayah Trenggalek pun dibagi ke beberapa daerah sebagai bentuk upaya untuk pengembangan industri dan ekonomi masyarakat luas seperti kecamatan Sumbergedong, kecamatan Panggul, kecamatan Kamulan, kecamatan Durenan, dan kecamatan Gandusari.

Demikian informasi 10 tempat wisata menarik di Trenggalek – Jawa Timur. Selamat berlibur 🙂