Membedah Penawaran Paket Tour Eropa dari Agen Perjalanan

Mungkin anda sering menemukan iklan paket tour ke Eropa dari beberapa agen perjalanan di media-media cetak. Dan tidak jarang di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya sering diadakan pameran yang khusus menawarkan paket wisata ke seluruh dunia dengan diskon dan potongan harga yang sangat menarik. Buat yang ingin liburan ke negara-negara di luar Indonesia dan gak mau ribet, pasti penawaran paket wisata bakal sangat menarik, apalagi kalau sudah ada embel2 paket HEMAT.

Salah satu paket yang sering ditawarkan adalah paket tour ke Eropa. Biasanya yang jadi patokan buat anda untuk memilih, selain harga paket, adalah jumlah negara yang dikunjungi dengan Paris sebagai salah satu kota tujuan utama yang tidak boleh dilewatkan. Dan kalau anda mencari info lebih lanjut mengenai paket tersebut, anda bakal ditunjukkan rencana perjalanan atau populer disebut ITINERARY yang berisikan rencana kunjungan wisata dari hari ke hari.

Setelah mendapatkan info tersebut, ada yang langsung tertarik, tetapi mungkin banyak pula yang kemudian bertanya-tanya.. Is it worth it? Bakal dapat apa aja ya saya selama disana? Bagaimana perbandingan biayanya kalau kita pergi sendiri? Apakah lebih murah?

Di sini, saya akan mencoba membedah paket tour Eropa berdasarkan pengalaman yang saya punya secara obyektif. Mudah-mudahan bisa sedikit membantu anda dalam memutuskan rencana ke Eropa anda apakah dengan membeli paket tour atau pergi sendiri. Masing-masing ada plus minusnya. Saya akan coba membedah salah satu paket tour Eropa dengan itinerary seperti gambar di bawah.

From Paris to Rome - Itinerary Paket Eropa
From Paris to Rome – Itinerary Paket Eropa

Paket tour ini ditawarkan dengan harga USD 2900 atau hampir 40 juta (rate 1 Rupiah 13700) dengan catatan sebagai berikut :

  • Lama Perjalanan adalah 13 hari, dengan lama berada di Eropa kurang lebih 11 hari
  • Pesawat yang digunakan adalah Emirates, jadi bakal ada transit di Dubai
  • Negara/kota yang dikunjungi adalah Perancis (1. Paris) – Belgia (2. Brussels) – Belanda (3. Amsterdam) – Jerman (4. Koln, 5. Titisee) – Swiss (6. Schaffhausen, 7. Zurich, 8. Lucerne) – Italia (9. Venice, 10. Pisa, 11. Roma)
  • Perjalanan antar kota menggunakan bus
  • Hotel Setara bintang 3
  • Harga sudah termasuk makan dengan frekuensi makan seperti terlihat dalam gambar tabel paling bawah (di luar itu berarti makannya bayar sendiri, karena mungkin sedang berada di tempat wisata, pesawat dll)

Jangan lupa mesti nyiapin budget buat makan, beli souvenir dan belanja tentunya, selain biaya untuk membuat Visa Schengen di awal.

Saya coba petakan itinerary tersebut ke dalam tabel di bawah untuk mempermudah perhitungan biayanya kalau misalnya kita pergi sendiri.

Bedah Paket Tour Eropa - Budget Total
Perkiraan Pengeluaran Biaya per Hari

Di sini saya coba memetakan perincian biaya berdasarkan urutan perjalanan dari hari pertama sampai hari terakhir. Di sini bisa dilihat biaya yang harus dikeluarkan hari per hari dan item per item. Berdasarkan tabel di atas, dengan asumsi seperti sudah disampaikan sebelumnya, biaya yang kemungkinan kita keluarkan kalau kita pergi sendiri adalah sekitar USD 2557, atau sekitar USD 350 lebih murah. Secara umum terlihat bahwa kalau pergi sendiri, biaya yang dikeluarkan bisa LEBIH MURAH, tetapi yang harus dipertimbangkan apakah selisih harga ini sepadan dengan REPOTnya bawa2 koper ke terminal2 bis untuk naik ke bis antar kota. Kok selisihnya ga besar ? Kan asumsinya semua fasilitas disamakan. Kalau fasilitasnya didowngrade, pastinya akan jauh lebih hemat, tapi yaa tetap repot.

Biar ada gambaran per bagian, saya coba urai dan kelompokkan biaya-biaya di atas dalam kategori terpisah di tabel di bawah. Jadi anda bisa lebih mudah melihat pengeluaran hari per hari sesuai kategorinya.

Perincian Pengeluaran Biaya Transportasi Tour Eropa
Perincian Pengeluaran Biaya Transportasi Tour Eropa

Untuk budget di tabel pertama, saya menggunakan angka untuk transportasi menggunakan bis. Tetapi, saya sengaja lampirkan pengeluaran jika kita menggunakan kereta api untuk menempuh perjalanan antar kota untuk memberikan gambaran berapa besar biayanya dan berapa lama waktu tempuhnya jika kita menggunakan kereta. Dari tabel di atas terlihat jelas bahwa transportasi dengan kereta api akan memangkas waktu sekitar 18 jam dibandingkan dengan bis tetapi dengan biaya yang dua kali lipat lebih mahal.

Perincian Pengeluaran Hotel - Tour Eropa
Perincian Pengeluaran Hotel – Tour Eropa

Harga hotel disini adalah harga hotel bintang 3. Kok ambil harga paling murahnya? Kan biar sama asumsinya ūüėÄ . Dan lom sempet juga masukin ke tabel untuk harga hotel di bawah bintang 3. Tapi yang pasti hotel sangat beragam. Mo cari yang 300 – 500 ribuan per malam bisa (kecuali di Swiss yang agak susah), tinggal dicek aja fasilitasnya.

Jatah Makan Tour Eropa
Jatah Makan Tour Eropa

Tabel di atas hanya untuk memperlihatkan jatah makan yang akan didapat kalau kita ikut paket tour (yang tanda “v”). Yang tanda “x” berarti kita makan bayar sendiri, yang berarti kita juga mesti siapin budget tambahan untuk makan.

Jadi secara garis besar, pengeluaran di atas (USD 2557) bisa dibagi sebagai berikut (dalam USD) :

  • Flight¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : 1,000.00
  • Hotel¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : 744.68
  • Attraction : 387.23
  • Transport : 303.62
  • Meal (sesuai jatah makan) : 121.28

Lalu, kalau kita mau pergi sendiri, bagian-bagian mana yang bisa ditekan agar bisa lebih murah?

Flight bisa menggunakan Malaysia Airlines (so far hingga tanggal posting ini selalu paling murah, kalau berangkat dari Jakarta) atau berangkat dari Singapore/Kuala Lumpur. Jadi ke Singapore/Kuala Lumpur bisa pakai Air Asia dulu, baru disambung dengan Emirates, Etihad, Qatar Airways, Turkish dll. Btw, kalau berani beli tiket sebelum dapat visa, biasanya banyak Promo yang ditawarkan maskapai penerbangan, seperti Garuda, yang harganya sangat-sangat menarik, seperti contoh di bawah. Kalau di term dan condition nya boleh refund kalau visa tidak disetujui, boleh juga untuk dibeli.

Hotel bisa ditekan dengan menginap di apartemen, hotel bintang 2 ke bawah atau menginap di kamar yang tipenya shared room (berbagi kamar dengan traveler lain) dan shared bath room (kamar mandi di luar kamar).

Makan bisa ditekan dengan membawa beras, lauk pauk yang kering (abon, rendang, kentang-tempe oseng dll) plus jangan lupa bawa rice cooker yang kecil.

Kombinasi penghematan di atas memungkinkan biaya USD 2557 dihemat hingga mencapai USD 1500-1700. Mangga dirinci sendiri :).

Btw, kalau jalan sendiri, itinerary ini mungkin tidak saya gunakan :D, karena menurut saya rute perjalanan dalam itinerary ini kurang efisien kalau kita memutuskan untuk pergi sendiri dan juga untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Kesimpulan akhir dari saya,

Paket Tour Eropa ini cocok untuk anda yang :

  • bahasa Inggrisnya belum lancar (kalo bingung tinggal tanya guidenya)
  • sama sekali belum pernah ke luar negeri
  • hanya mengejar berkunjung ke negara/kota tertentu dan berfoto ria
  • ga bosenan (bakal tiap hari di bis)
  • bisa disiplin waktu (tiap saat bakal diingetin sama tour guidenya soal waktu, contoh : bapak/ibu waktu anda di sini hanya 2 jam, kita hanya berfoto di tempat ini dan waktu foto hanya 15 menit, besok pagi kumpul di lobby hotel jam 03.00, dst)
  • siap bongkar muat koper setiap hari (hampir tiap hari ganti hotel)
  • ga mau repot beli tiket dan ngurus visa (dah diurusin sama tournya)
  • ga siap berantem sama anak/istri/suami (tempat wisata sudah ditentukan dari awal, jadi ga bakal ngotot2an masalah tempat dan arah ke tempat wisata)
  • ga suka kalau banyak jalan kaki (sehari2 bis – tempat wisata – hotel – bis dst)

Paket Tour Eropa ini tidak cocok untuk anda yang :

  • hobi berpetualang
  • ingin berhemat
  • ingin mempelajari budaya Eropa
  • ingin menikmati kota Eropa dengan santai (ga harus bangun pagi ataupun dibatasi waktu di setiap tempat)
  • siap berantem sama temen/istri/suami saat baca peta, nyasar, nentuin tempat wisata selanjutnya, transportasi dll. Bukan berantem fisik lho :D.

Dan kalau anda memutuskan untuk ikut paket tour, pelajari baik2 itinerary dan fasilitas dari masing2 tour. Dan kalau anda memutuskan untuk pergi sendiri, baik betul-betul sendiri, bersama teman, atau 1 keluarga, anda harus menyiapkan mental dan fisik yang prima. Apalagi kalau perjalanan ini adalah untuk pertama kalinya ke Eropa.

Buat anda yang sudah pernah jalan-jalan sendiri ke Singapura atau Hong Kong, dan tidak bermasalah dengan mencari alamat dan menggunakan transportasi lokal di sana, bisa dipastikan anda tidak akan menemukan banyak masalah di Eropa. Orang Eropa sangat helpful kok. Dan penataan kota, sarana transportasi dan tempat wisatanya sudah sangat baik. Petunjuk2 sangat jelas. Dan jaman sekarang sudah jamannya internet dimana sebelum pergi anda bisa mempelajari dulu mengenai negara/kota tujuan anda

The choice is yours. Selamat berlibur.

Aydasum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *