Kota Terlarang, Istana Kaisar Terakhir China yang Tinggal Kenangan

Forbidden City atau sering disebut Kota Terlarang adalah sebuah komplek bangunan yang dahulunya merupakan komplek kerajaan yang digunakan oleh dinasti King dan Ming. Bangunan ini merupakan bangunan yang megah dan besar serta menjadi salah satu refresentasi kebesaran dan kemegahan dari bangsa China jaman dahulu. Bangunan mulai dibangun pada tahun 1406 sampai dengan 1420 dengan dominasi bangunan berupa kayu sehingga Forbidden City menjadi bangunan kayu yang tertua dan terbesar didunia dengan memiliki 900 bangunan serta 8800 ruangan, dengan semua kelebihan dan kebesaran tersebut akhirnya Unesco mengganjar Forbidden City sebagai salah satu World Heritage Site pada tahun 1987.

Forbidden City ChinaLetak Forbidden City berada di Tian’anmen yang sangat strategis dan ramai karena mudah untuk menentukan perjalanan dari sini, sehingga jika ingin memulai tur perjalanan di berbagai tempat wisata di Beijing maka menuju Tian’anmen terlebih dahulu adalah pilihan yang tepat. Di tempat ini akan ditemukan ribuan orang dengan berbagai tujuan, jdi siapkan stamina terlebih dahulu sebelum kecapaian dalam menyusuri setiap sudut Forbidden City. Sebelum menuju tempat gerbang utama para pengunjung akan disambut oleh deretan penjual souvenir yang berderet panjang di kanan kiri jalan yang dilalui.

Untuk masuk kedalam komplek Forbidden City maka pengunjung harus merogoh kocek sebesar 60 yuan, harga sebesar itu cukup untuk menjelajah masuk kedalam komplek kerajaan yang memiliki 900 gedung dengan berbagai kelengkapan seperti kamar-kamar, gerbang raksasa, kuil, dan berbagai gedung dan tempat penunjang yang biasanya ditemukan di berbagai tempat komplek sebuah kerjaan. Komplek kawasan kerajaan ini terdiri dari sembilan zona, zona-zona tersebut adalah ruang tunggu yang digunakan untuk mengecek tamu-tamu yang akan berkunjung dirung ini jug terdapat tempat untuk rakyat memberikan surat, lalu zona kedua adalah tempat pengecekan senjata, zona ketiga pengecekan pangkat karena hanya pangkat yang tinggi boleh lanjut ke zona lainnya, zona keempat adalah tempat upacara kenegaraan, zona ke lima adalah ruangan para pengikut istana, zona keenam adalah komplek istana raja, zona ketujuh adalah kantor istana, zona kedelapan adalah ruang peristirahatan raja, zona kesembilan adalah ruang untuk permaisuri.

Untuk masuk dan menjelajahi semua komplek dalam Forbidden City memang tidak mudah karena banyak tempat serta sudut yang sangat asing bagi kita, namun untuk memudahkan para pengunjung serta memberikan pemahaman akan pengunjung akan arti dan histori setiap gedung yang ada di  Forbidden City pihak pengelola sudah menyediakan audio tour. Audio tour akan menjelaskan kepada setiap pengunjung yang datang akan arti serta sejarah dari setiap bangunan yang dikunjungi selain itu mereka juga dilangkapi dengan alat berupa GPS yang bisa mengetahui tempat dan sudut mna kita berada di tempat yang luas itu sehingga bisa lebih teralur dalam menjelajahinya. Untuk menyewa jasa audio tour pengunjung dikenakan biaya sekitar 40 yuan.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *