5 Destinasi Wisata Lombok Yang Bikin Terpesona

Pernahkah anda berkunjung ke propinsi Lombok? Lokasinya berada di timur Pulau Bali. Bidang pariwisata saat ini jadi sumber pendapatan yang paling penting bagi Lombok yang dibanjiri wisatawan di setiap harinya. Lombok sendiri sering dijadikan terpat wisata alternatif dari Bali. Sehingga banyak destinasi wisata Lombok yang semakin hari semakin diminati pengunjung.

Panorama indahnya alam dan destinasi wisata Lombok yang sangat eksotis menawarkan karakter wisata sangat unik dan berkesan. Mengunjungi sejumlah tempat menarik di Lombok akan membawa Anda pada perjalanan wisata yang menarik.

5 Destinasi Wisata Lombok Yang Bikin Terpesona
5 Destinasi Wisata Lombok Yang Bikin Terpesona

Daftar Destinasi Wisata Lombok Yang Mempesona

Di bawah ini kami akan sampaika 3 destinasi wisata Lombok yang bisa kalian kunjungi saat berada di sana. Untuk informasi selengkapnya simak ulasan berikut ini.

1. Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok

Desert Point, masyarakat lokal menyebutnya sebagai Bangko-Bangko, adalah pantai tujuan surfing yang terletak di Barat Daya Pesisir Lombok.Ini adalah tempat surfing di Lombok yang patut Anda kunjungi jika ingin menikmati surfing atau kegiatan berselancar. Di Desert Point, tersedia pondok-pondok penginapan yang sederhana sebagai tempat penginapan.

Jika tertantang untuk surfing Anda bisa mengambil rute perjalanan dengan kapal Ferry dari Bali ke pelabuhan Lembar. Selanjutnya perjalanan kemudin menuju ke Desert Point yang dapat ditempuh memakai kendaraan travel atau mobil sewaan degan waktu sekitar 2 jam.

2. Rumah Adat Dusun Sade

Dusun Sade berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Sistem sosial dan kehidupan keseharian masyarakat di Dusun Sade masih sangat kental dengan tradisi Sasak zaman dulu. Oleh sebab itu, Dusun Sade telah ditetapkan sebagai desa wisata yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Bentuk dan karakteristik rumah penduduk dibangun dari bambu dengan atap yang berasal dari daun alang-alang. Di tempat ini, rumah adat khas Sasak masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik.

3. Pura Batu Bolong

Terletak di atas batu karang yang berwarna hitam dengan posisi menjorok ke arah laut. Pada bagian tengah dari batu karang ini memiliki sebuah lubang, jadi pura ini diberi nama Pura Batu Bolong.

Seperti umumnya Pura di Bali, saat hendak memasuki Pura Batu Bolong,  harus memakai kain berwarna kuning di pinggang. Pura ini memiliki latar belakang sebuah pemandangan Gunung Agung juga Selat Lombok. Jadi sangat indah sekali untuk bisa berfoto-foto, terutama pada saat matahari tenggelam.Lokasi Pura Batu Bolong ini adalah di daerah Senggigi, Lombok.

4. Gunung Rinjani

Menjadi lokasi pariwisata di Propinsi Lombok yang resmi ditetapkan statusnya sebagai taman nasional. Dalam hal ini  adalah sebuah ekosistem yang meenndpat perlindungan pemerintah Indonesia dengan karakter hutan hujan pegunungan dan savana.

Luas dari taman nasional Rinjani adalah krang lebih 40 ribu hektar. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok bagian Utara dengan ketinggian 3,726 meter dpl, dan adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Gunung Rinjani memiliki kawah yang luas, terdapat sebuah danau kawah yang disebut Danau Segara Anak. Danau ini dapat digunakan juga sebagai tempat memancing.

5. Pantai Selong Belanak

Sebuah pantai yang memiliki pasir pantai yang putih dan bersih. Butiran pasir di pantai ini begitu halus, namun saat terkena air laut akan mengeras. Anda bisa  melihat kendaraan lalu lalang melewati bibir pantai. Ini menjadi  salah satu tempat wisata pantai yang menarik di Lombok. Pantai Selong Belanak ini berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah.

Itulah 5 destinasi wisata Lombok dengan pesonanya yang menawan yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *