Bangkok, Kota yang Gak Jauh Beda dengan Jakarta

Bangkok adalah kota terbesar sekaligus ibu kota dari Negara Thailand. Kota Bangkok terletak di tepi barat Sungai Chao Phraya, dekat Teluk Thailand. Bangkok merupakan salah satu kota dengan perkembangan yang sangat pesat, dengan ekonomi yang dinamis dan kemasyarakatan yang progresif di Benua Asia Tenggara. Bangkok merupakan kota yang sedang berkembang dan menjadi pusat regional yang bersaing dengan Negara  Singapura dan Hong Kong, namun akibat perkembangannya yang pesat Bangkok masih mempunyai masalah dalam sektor infrastruktur dan social.

Beberapa jalan layang, perempatan jalan yang telah baru diperbaiki, jalan-jalan yang terselesaikan sebagian dan proyek-proyek jalan kereta api mewarnai landscape kota Bangkok dan sekitarnya, tetapi ternyara Bangkok kota yang tidak jauh beda dengan kota Jakarta yang mempunyai masalah yang sama yaitu kemacetan yang dikarenakan penggunaan kendaraan pribadi yang terus melampaui pembangunan infrastruktur.

bangkok-cruises

Dan Kendaraan tradisional kota Bangkok sangat menyerupai bajaj yaitu bernama tuktuk, kendaraan tradisional ini banyak terdapat di kota Bangkok yang merupakan kendaraan alternatif digunakan untuk menghindari kemacetan kota. Sama halnya dengan Jakarta Macet, kumuh dan polusi selalu menjadi santapan sehari-hari penduduknya.

Aktivitas di pagi hari pun sama halnya ada di Jakarta yaitu para pegawai, buruh, para anak sekolah dan para pedagang asongan sudah memadati jalan raya dan berkerumun di pusat-pusat transportasi seperti pemberhentian stasiun atau pun terminal. Kepadatan dan kemacetan terjadi di setiap pusat keramaian atau titik persimpangan. Sejumlah jalan raya sudah di padati oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Perilaku pengguna motor pun hampir sama dengan pengendara motor yang ada di Jakarta, yaitu pengendaranya yang sering ugal-ugalan. Jadi bila menyebrang atau berjalan di pinggir kota harus berhati-hati karena sering kali aksi manuver pengendara motor yang mencari celah di tiap kendaraan yang dapat menganggu Anda.

Bedanya dengan Jakarta, walaupun kondisi jalan yang macet, pengendara di kota Bangkok ini tak sembarangan membunyikan klakson, sangat jarang terdengar suara klakson dari pengguna kendaraan. Sangat berbeda dengan Jakarta yang tiap harinya menghasilkan polusi suara,  yang membuat suara bising di telinga.

bangkok

Tingkat kepatuhan pengguna jalan di Bangkok relatif tinggi di bandingkan dengan jakarta. Kareana meski berada pada kondisi macet, tidak terlihat satu pun pengendara mobil menerobos lampu merah atau pengendara motor mengambil jalan trotoar untuk mengambil jalan pintas, padahal tidak ada   petugas yang berjaga.

Walaupun di sepanjang trotoar banyak nampak para pedagang kaki lima menjajakan barang dagangannya, mulai dari makanan ringan, minuman, pakaian, dan lain sebagainya hampir sama seperti yang ada di jakarta. Bedanya, para pedagang di sini cukup rapih menyusun barang dagangan mereka dan jauh dari kesan kotor.

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Sigit

Hanya seorang blogger yang suka menulis tentang tempat-tempat menarik untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *