Angkorwat, Candi Hindu Terbesar Di Dunia

Angkorwat adalah salah satu candi yang terkenal di kawasan Asia Tenggara, candi ini berada di wilayah Angkor, Kamboja dan merupakan peninggalan dari Raja Suryavarman II pada abad ke-12. Untuk membangun sebuah candi yang indah ini diperlukan setidaknya waktu selama 30 tahun hingga akhirnya didapatkan sebuah bangunan yang cantik dan megah sehingga bisa masuk kedalam sebuah keajaiban dunia yang dimiliki oleh negara Kamboja. Candi dibangun dalam sebuah kawasan bernama Angkor yang juga menjadi temoat untuk pembangunan tempat indah berupa candi lainnya, namun diantara semua candu dikawasan Angkor tersebut hanya Angkor wat yang paling besar, indah dan megah sehingga para wisatawan serta pengunjung lebih mengenal nama Angkor wat dibandingkan dengan nama lainnya.

angkor wat 300x200 Angkorwat, Candi Hindu Terbesar Di DuniaDengan waktu pengerjaan yang lama serta candi yang dihasilkan sangatlah megah membuat Angkorwat menjadi candi hindu terbesar di dunia, dan banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia. Hanya untuk menyaksikan dari dekat candi yang terkenal tersebut. Sebagau sebuah candi awalanya Angkorwat bernama  Preah Pisnulok atau Vishnuloka yang dinamai oleh raja kala pambangunan candi tersebut yakni Raja Suryavarman II. Lalu nama candi berubah menjadi Angkor Wat yang berarti kuil kota atau bisa juga diartikan sebagai Angkor yang diambil dari kata nokor yang merupakan negara atau ibukota sementara wat merupakan kuil atau candi dalam bahasa Khmer.

Pengerjaan yang detail serta detai bangunan yang megah tersebut kahirnya berbuah hasil membanggakan dengan diaraihnya label salah satu keajaiban dunia seta juga dinobatkan menjadi salah satu warisan dunia Unesco yang patut untuk dilestarikan karena memiliki nilai sejarah yan tinggi pada tahun 1992. Popularitas Angkorwat semakin meningkat tajam setelah komplek wisata ini dijadikan sebagai lokasi pembuatan film terkenal didunia yang dibintangi oleh aktris papan atas Holliwood yakni Tom Raider dengan pemeran utamanya yakni Anjelina Jolie. Film yang dikenal sering menampilkan adegan action dan digemari oleh jutaan orang di dunia secara tidak langsung telah memperkenalkan kawasan wisata indah ini keberbagai dunia dan emmbuat orang semakin penasaran dan ingin menjelajahi petualangan di kawasan Angkor Wat tersebut.

Untuk menuju Angkor wat pengunjung perlu untuk mendatangi kota Siem Reap, yakni sebuah kota kecil yang merupakan ibukota dari provinsi Siem Reap. Kota ini emnjadi jantung dari kebudayaan dan wisata di Kamboja karena merupakan kota gerbang masuk kawasan Angkor wat. Dari kota Siem Reap ini pengunjung hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju ke Angkor wat, perjalanan dilakukan dengan menuju ke arah utara kota Siem Reap dan berjarak kurang lebih sekitar 5.5 kilometer. Untuk menuju tempat wisata tersebut bisa menggunakan tur atau tuk tuk yang merupakan kendaraan tradisional, setelah sampai pengunjung bisa membeli tiket masuk yang berkisar antara 20$.