10 Tempat Wisata Kuliner Legendaris di Yogyakarta

Jogjakarta memang menyimpan pesona yang tiada duanya. Kota berjuluk Kota Pelajar, Kota Budaya dan Kota Wisata tersebut memang menyimpan beragam daya Tarik yang membuatnya layak dijadikan sebagai destinasi wisata nomor satu di Pulau Jawa. Bagi anda yang berencana ingin berlibur ke kota Jogjakarta, kami sarankan agar jangan hanya mengunjungi objek wisata yang itu – itu saja karena kota ini juga memiliki tempat – tempat makan istimewa yang akan sangat sulit untuk anda temukan tandingannya di kota lain. Bukan hanya rasanya yang lezat, namun juga suasananya yang begitu unik.

Berikut adalah 10 tempat wisata kuliner di kota Yogyakarta yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan dan membuat anda ingin selalu kembali lagi ke kota ini:

  1. Angkringan Lik Man
Angkringan Lik Man
Angkringan Lik Man

Angkringan adalah tempat makan atau tempat nongkrong yang menjual berbagai menu makanan rakyat dengan harga murah meriah. Bahkan, angkringan seperti sudah menjadi budaya di kota Yogyakarta. Di antara sekian banyak angkringan yang ada di Kota Gudeg, ada satu yang dianggap paling ikonik dan otentik, yakni Angkringan Lik Man. Sepintas, warung angkringan yang letaknya berada di sebelah utara Stasiun Tugu dan Jalan Malioboro ini memang tidak berbeda dari angkringan yang lain. Namun, jika anda mencoba untuk “jajan” di sana, maka anda akan menemukan ciri khas warung yang sudah ada sejak tahun 1969 tersebut.

Warung Angkringan Lik Man dianggap sebagai warung angkringan pertama di Yogyakarta karena sudah didirikan sejak 1969. Selain itu, yang membiat warung ini sangat terkenal adalah Kopi Josss. Minuman Kopi Joss adalah seduhan kopi yang ditambahkan bara. Ketika dimasukkan ke dalam gelas, bara arang tersebut mengeluarkan bunyi “jossss” yang kemudian membuat minuman tersebut dikenal dengan sebutan kopi joss.

Meskipun menggunakan kopi bubuk seperti yang biasa kita minum, namun kopi josss yang disajikan oleh warung sederhana yang juga sering dipakai nongkrong oleh para tokoh terkenal tersebut memiliki citarasa serta aroma yang khas. Konon, bara yang dimasukkan ke dalam seduhan kopi ini berfungsi untuk menetralisir kafein sehingga lebih bersahabat bagi pencernaan. Selain itu, menurut pengelola warung angkringan legendaris tersebut, kopi joss juga dapat meredakan masuk angin dan pegal – pegal.

  1. Gudeg Pawon
Gudeg Pawon
Gudeg Pawon

Gudeg adalah menu makanan khas kota Yogyakarta sehingga saat anda ke sana, anda akan dapat menemukan puluhan warung makan yang menjual gudeg. Namun, di antara sekian banyak warung makan yang menjual gudeg, ada satu tempat yang paling menarik perhatian, yakni Gudeg Pawon. Berbeda dengan warung gudeg yang lain, Gudeg Pawon melayani pengunjung atau tamu yang singgah langsung di dapur. Warung gudeg ini sudah ada sejak 1958 dan memang selama ini selalu melayani pelanggan dengan cara demikian.

Jika anda berkunjung ke warung Gudeg Pawon, maka anda akan bisa secara langsung melihat berbagai peralatan memasak yang digunakan dalam proses pembuatan gudeg. Meskipun warung ini hadir dalam kemasan yang sangat sederhana, namun jangan tanya kenikmatan gudeg yang ditawarkan karena hampir setiap hari warung yang terletak di daerah Umbulharjo, Yogyakarta ini tidak pernah sepi pengunjung.

  1. Nasi Goreng Beringharjo
Nasi Goreng Beringharjo
Nasi Goreng Beringharjo

Mungkin, ini adalah warung nasi goreng paling laris di Yogyakarta. Letaknya sangat strategis, yakni berada di depan hotel Melia Purosani Yogyakarta. Warung nasi goreng ini sudah berdiri sejak 1960 dan hingga saat ini masih saja dijejali pengunjung. Berbeda dengan kebanyakan warung nasi goreng, tempat ini menawarkan dua menu nasi goreng, yaitu nasi goreng ayam dan nasi goreng babi.

Meskipun selalu ramai oleh pengunjung, namun pelayanan yang diberikan terbilang sangat cepat karena penjual memasak nasi goreng dalam jumlah besar. Ada pula menu lain yang bisa anda temukan di sana, yaitu bihun goreng, babi kecap serta bakmi goreng yang semuanya memiliki citarasa luar biasa.

  1. Sate Klathak Pak Pong
Sate Klathak Pak Pong
Sate Klathak Pak Pong

Bagi anda pecinta daging kambing, maka warung sate Pak Pong yang ada di Jl. Imogiri, Bantul, Yogyakarta adalah pilihan terbaik. Sate klathak yang satu ini tidak akan bisa anda temukan di warung yang lain karena memiliki citarasa yang khas dengan rasa yang sangat lezat. Hal itu tidak lain karena sate kambing yang dijual menggunakan bumbu yang terbilang sangat sederhana, yakni hanya merica, garam serta kecap. Oleh sebab itu pula, aroma dan rasa daging kambing masih sangat terasa yang menambah kenikmatan sajian khas ini.

  1. House of Raminten
House of Raminten
House of Raminten

Ini adalah tempat kuliner di Yogyakarta yang membuktikan bahwa menu makanan tradisional juga dapat disajikan secara berkelas. House of Raminten merupakan sebuah rumah makan yang secara khusus memang menyajikan berbagai menu makanan tradisional Jawa, seperti wedang serai, brongkos, cundhuk, nasi kucing, sate lilit hingga tahu bola.

Arsitektur rumah makan yang terletak di daerah Kota Baru, Yogyakarta ini juga sangat luar biasa, yaitu menggunakan konsep arsitektur tradisional Jawa. Ketika anda bersantap di tempat ini, anda akan ditemani oleh lantunan gending – gending Jawa yang menambah tenang suasana. Berbeda dengan di rumah makan yang lain, di sini pengunjung harus membunyikan kentongan yang tersedia di meja untuk memanggil pelayan.

  1. Mangut Lele Mbah Marto
Mangut Lele Mbah Marto
Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele adalah salah satu menu khas Yogyakarta yang sangat legendaris. Menu makanan ini berupa ikan lele yang diasap kemudian dimasak dengan menggunakan kuah santan kuning. Meskipun ada cukup banyak warung yang menjajakan kuliner yang satu ini, namun yang paling ikonik sekaligus unik adalah warung milik Mbah Marto. Warung ini sangat unik karena letaknya berada tersembunyi di tengah kampung dan pengunjung yang datang dilayani langsung di dalam dapur yang sangat sederhana. Namun, rasa mangut lele di warung Mbah Marto ini sangat lezat dan setiap hari tidak pernah sepi pengunjung.

  1. Sambel Welut Pak Sabar
Sambel Welut Pak Sabar
Sambel Welut Pak Sabar

Apa yang disajikan di warung sambal belut milik Pak Sabar ini bisa dibilang adalah juaranya masakan belut. Di warung sederhana ini, sambal belut disajikan dengan sambal bawang yang pedas. Warung ini tidak pernah sepi pengunjung meski letaknya terbilang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Selain belut, warung ini juga menawarkan beberapa menu ikan yang lain, seperti lele dan ikan gabus. Selama puluhan tahun, warung ini menjadi destinasi para wisatawan yang menginginkan pengalaman berbeda.

  1. Bakmi Jawa Mbah Mo
Bakmi Jawa Mbah Mo
Bakmi Jawa Mbah Mo

Di Yogyakarta, tidak sulit untuk menemukan warung bakmi Jawa, namun yang legendaris dan memiliki citarasa khas hanyalah Warung Bakmi Mbah Mo yang berada di Bantul, Yogyakarta. Telah berdiri sejak lebih dari 30 tahun lalu, warung bakmi Jawa ini selalu dijejali pengunjung setiap malam. Yang menjadikan rasa bakmi di warung yang letaknya berada di tengah kampung ini sangat lezat adalah karena setiap pesanan dimasak satu per satu. Selain itu, untuk memasak juga digunakan tungku dengan bahan bakar arang.

  1. Bakso Ironayan
Bakso Ironayan
Bakso Ironayan

Bakso Ironayan adalah warung bakso yang berada di daerah selatan Jogjakarta. Setiap porsi berisi 4 buah bakso yang dilengkapi dengan irisan tahu, mie kuning serta bakso goreng. Bakso ini dijamin tanpa pengawet, apalagi formalin dan boraks. Setiap hari, warung bakso yang telah ada sejak puluhan tahun lalu ini tidak pernah sepi pembeli.

  1. Ayam Goreng Mbah Cemplung
Ayam Goreng Mbah Cemplung
Ayam Goreng Mbah Cemplung

Warung ayam goreng ini sangat terkenal dan legendaris. Menawarkan citarasa gurih dan asin dalam setiap menu yang disajikan, warung Mbah Cemplung tidak pernah sepi pengunjung. Di sini, ayam yang disajikan merupakan daging ayam kampung yang dimasak dengan cara khusus sehingga menghasilkan ayam goreng yang empuk dan lezat. Lokasi warung ayam goreng ini berada di daerah Bantul, Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *