10 Tempat Wajib Anda Kunjungi di Sumatera Selatan

Sebagai warga negara Indonesia kita tentu saja harus bangga terhadap semua kekayaan dan warisan leluhur yang kita miliki. Termasuk diantaranya adalah tempat wisata. Mungkin Anda berpikir alangkah enaknya kalau bisa berwisata selalu ke luar negeri yang mana udaranya dingin dan sejuk, banyak tempat shopping yang sale atau makanan yang mungkin terlihat menggiurkan. Kenapa harus ke luar negeri? Bukankah negara kita sendiri sudah sangat kaya dan begitu luasnya akan keindahan dan kekayaan seperti kuliner khas, kerajinan tangan tradisional, pusat belanja modern dan local dengan harga yang menarik serta warisan leluhur yang seharusnya kita lestarikan dan bukan malah kita tinggalkan.

Kali ini yang akan kita kupas adalah mengenai berbagai tempat tujuan wisata dari salah satu provinsi yang ada di Indonesia yaitu provinsi Sumatera Selatan. Nah, mungkin Anda sudah pernah mendengar beberapa nama tempat yang cukup tersohor dari sebuah provinsi dengan ibu kota Palembang yang terkenal dengan makanan tradisional yang bernama empek-empek, gulai ikan patin, lenggang, serta aneka macam kerupuk yang terbuat dari bahan utama ikan balado. Selain wisata kuliner di kota ini Anda juga bisa berwisata ke tempat yang ternyata memiliki keindahan serta nilai sejarah yang luar biasa bermaknanya. Sebagai anak bangsa sangat wajib bagi kita untuk melestarikan semua kekayaan alam yang kita miliki seperti berkunjung kesana bersama orang tercinta.

Provinsi Sumatera Selatan kata orang masyarakatnya galak dan kasar namun ketika Anda sudah berada di kota tersebut maka semua pandangan atau citra buruk tersebut tidak akan Anda jumpai. Orang sumatera kebanyakan memang bersuara besar namun mereka adalah orang dengan karakter yang tegas dan memang sedikit keras karena kondisi alam yang panas. Namun, perjalanan Anda kesana tidaklah sulit. Semua transportasi bisa menjangkau Pulau Sumatera baik dari jalur darat, laut maupun dengan menggunakan fasilitas pesawat terbang. Pasti Anda penasaran bukan? Akan berkunjung kemana saja jika Anda sudah sampai di Sumatera Selatan.

Nah, berikut ini adalah 10 nama tempat yang terkenal di Sumatera Selatan dan sekitarnya dan yang harus Anda kunjungi ketika berada di kota tersebut.

  1. Sungai Musi & Jembatan Ampera
Sungai Musi Ampera
Sungai Musi Ampera

Ini adalah salah satu icon kota Palembang sebagai ibukota Sumatera Selatan yang paling terkenal dan paling tersohor bahkan hingga ke mancanegara. Sungai ini bukanlah hanya sebuah sungai kecil melainkan sungai yang lebar dan sangat panjang dengan kedalaman yang bahkan bisa membuat sebuah pesawat sampai tenggelam di dalamnya. Ini terbukti dari kecelakaan salah satu maskapai terbesar Indonesia beberapa tahun lalu. Di sungai ini Anda bisa menikmati naik perahu sambil mengenal lebih jauh masyarakat asli Palembang dengan logatnya yang khas. Jangan lupa akan lebih cantik lagi jika Anda mengunjungi tempat ini pada malam hari karena ada banyak lampu warna warni yang dipasang di sepanjang sungai dan di seluruh bagian Jembatan Ampera. Untuk Jembatan Ampera, jembatan ini dulunya bisa naik hingga tinggi dan membelah menjadi dua bagian ketika ada kapal besar yang akan lewat di tengah sungai Musi tersebut. Ya, jembatan bersejarah ini membelah kota Palembang dan berdiri dengan gagah diatas sungai Musi.

  1. Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari

Tidak salah lagi, kecantikan pemandangan air terjun ini memang sungguh memukau secantik bidadari. Air terjun yang terletak di kabupaten Lahat yang berjarak sekitar 6 jam dari kota Palembang ini memiliki air yang sangat jernih dan segar. Tidak heran air terjun ini selalu menjadi destinasi favorite bagi mereka yang merindukan dingin dan segarnya air dari pegunungan yang membasahi wajah dan tubuh saat bermain di bawah air terjun tersebut.

  1. Arung Jeram di Sungai Manna
Arung Jeram di Sungai Manna
Arung Jeram di Sungai Manna

Sungai Manna terletak di Tanjungsakti sekitar beberapa jam saja dari kota Palembang. Disini Anda bisa memacu adrenalin untuk bermain arung jeram dengan berbagai kesulitan yang cukup menantang. Tenang saja, tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa berenang karena setiap orang yang akan bermain arung jeram harus menggunakan topi dan kelengkapan keamanan lainnya untuk berjaga-jaga terhadap kejadian yang mungkin terjadi. Setiap perahu juga akan dilengkapi dengan satu orang pemandu.

  1. Gunung Dempo
Gunung Dempo
Gunung Dempo

Untuk Anda yang suka dengan nuansa pegunungan yang segar, ada kebun teh yang hijau dengan pabrik teh yang langsung bisa Anda beli hasil produksinya, air terjun yang segar dan dinginnya udara khas pegunungan yang pasti Anda rindukan. Nikmati semuanya hanya di Pagaralam yang berjarak sekitar 7 jam dari kota Palembang. Namun pemandangan tidak akan terasa membosankan karena Anda bisa menikmati berbagai macam aktivitas masyarakat asli dengan rumah khas yang masih sangat tradisional disana. Begitu sampai ke tempat ini dijamin Anda akan langsung melupakan semua lelah dan letih karena menikmati hamparan gunung besar dengan kebun teh yang sangat terawat. Disini tersedia banyak villa untuk Anda yang akan menginap dan juga menuju kesini bisa Anda tempuh dengan berbagai angkutan umum yang ada.

  1. Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak

Di Palembang tempat ini adalah kraton dari Kesultanan Palembang. Benteng Kuto Besak cukup terkenal dan Anda bisa berkeliling tempat ini untuk melihat kemegahan kerajaan Sumatera Selatan. Perlu waktu selama hampir 17 tahun untuk bisa menyelesaikan pembangunan tempat ini sampai kemudian bisa ditempati.

  1. Bukit Siguntang
Bukit Siguntang
Bukit Siguntang

Untuk Anda yang ingin berkeliling di Palembang Anda bisa berkunjung kesini. Disini Anda bisa menikmati hijaunya dan rindangnya pepohonan hijau dengan banyak gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bercengkrama dengan saudara atau keluarga. Ini adalah tempat paling tinggi di kota Palembang yang asri namun cukup angker karena ada banyak makam leluhur yang berada di bukit ini.

  1. Danau Ranau
Danau Ranau
Danau Ranau

Terletak di perbatasan Sumatera Selatan dengan Lampung, danau ini masih sangat indah terawat dan udaranya masih sangat bersih sehingga sangat cocok sekali sebagai destinasi liburan Anda dan keluarga tercinta.

  1. Kebun Binatang Sriwijaya
Kebun Binatang Sriwijaya
Kebun Binatang Sriwijaya

Untuk Anda yang ingin wisata di pusat kota Palembang maka kebun binatang bisa menjadi pilihan yang tepat. Ajak buah hati Anda untuk belajar dan bergembira bersama dengan banyak satwa disini.

  1. Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang

Ini juga sebagai salah satu icon Palembang yang jika Anda kunjungi di malam hari akan indah karena banyak lampu yang memancarkan cahaya nan cantik. Masjid ini juga penuh dengan sentuhan arsitek yang sangat kental akan sisi modern sekaligus tradisional khas Palembang.

  1. Punti Kayu
Punti Kayu
Punti Kayu

Untuk Anda yang gemar menikmati indahnya alam dengan pepohonan pinus yang tinggi dan rerumputan yang hijau segar maka Hutan Punti Kayu sangat cocok menjadi pilihan terbaik.

Nah, semua tempat wisata yang ada di Pulau Sumatera Selatan tersebut sangat mudah dijangkau dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat bahkan kendaraan umum. Jangan lewatkan berbagai kesempatan yang cukup berharga untuk menikmati keindahan setiap sudut kota dan kabupaten di Sumatera Selatan dan kota Palembang yang pasti akan Anda sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *