10 Makanan Khas Magelang yang Sayang Untuk Dilewatkan

Magelang kaya akan kuliner tradisional yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda berkunjung ke Magelang, pastikan Anda mencicipi makanan khas Magelang yang lezat dan menggugah selera. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda coba dan banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan makanan khas Magelang yang lezat.

  1. Kupat Tahu
Kupat Tahu
Kupat Tahu

Magelang identik dengan kupat tahunya yang popular. Karena kepopulerannya, makanan ini bahkan bisa ditemukan diluar kota Magelang. Akan tetapi, kurang lengkap rasanya berkunjung ke Magelang tanpa mencoba rasa asli kupat tahu dari daerah asalnya. Jika Anda berkunjung ke Magelang, Anda bisa menemukan penjual kupat tahu hampir di setiap daerah, baik dalam bentuk warung maupun gerobag. Dari namanya saja sudah jelas kupat tahu terdiri dari kupat dan tahu, namun ada campuran lauk lainnya seperti bakwan, bawang goreng, kubis, daun seledri dan tauge. Semua bahan dicampur dan disiram dengan saus kacang dan kecap. Anda bisa pergi ke alun-alun kota untuk membeli kupat tahu karena disana ada banyak penjual yang bisa dipilih.

  1. Wedang Kacang Kebon
Wedang Kacang Kebon
Wedang Kacang Kebon

Suasana Magelang yang sejuk dan cukup dingin membuat wedang kacang menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Magelang. Wedang kacang hangat memang sangat cocok dinikmati di kota Magelang yang sejuk. Salah satu warung wedang kacang yang terkenal di Magelang adalah Wedang Kacang Kebon. Disini rasa wedang kacangnya sangat nikmat dengan kacang yang empuk dan kuah yang kental. Umumnya wedang kacang dibuat dari air jahe yang dicampur dengan kacang dan ketan, namun disini rasa air jahe yang digunakan tidak terlalu kuat. Selain wedang kacang, Anda juga bisa memesan wedang ronde atau sate pisang disini.

  1. Es Murni
Es Murni
Es Murni

Meskipun Magelang udaranya sejuk, namun di siang hari tetap saja panas. Minum es di siang hari sangat cocok bahkan di Kota yang sejuk seperti Magelang. Es Murni adalah salah satu warung es di Magelang yang usianya sudah cukup tua. Warung es ini sudah cukup dikenal dengan baik karena sudah berdiri sejak lama. Ada berbagai macam jenis es yang bisa Anda pesan disini diantaranya adalah es burjo, es duren dan es teler. Warung es ini setiap hari ramai dipenuhi pengunjung karena menu esnya yang segar dan manis. Selain es, ada juga berbagai makanan yang bisa dimakan bersama dengan es yang Anda pesan.

  1. Sego Godog Pak Manto
Sego Godog Pak Manto
Sego Godog Pak Manto

Dinamakan Sego Godog karena makanan ini merupakan nasi yang direbus. Dalam bahasa jawa, Sego berarti nasi dan Godog berarti rebus, sehingga jika diubah menjadi bahasa Indonesia, namanya menjadi Nasi Rebus. Dinamakan demikian karena memang proses pembuatannya adalah dengan merebus nasi di dalam kuah yang sudah diberikan bumbu terlebih dahulu. Selain nasi, ada juga mi, ayam dan telor yang juga dimasukkan ke dalam campuran. Jika Anda tertarik mencobanya, Sego Godog Pak Manto bisa jadi pilihan yang tepat. Lokasinya sangat strategis di alun-alun kota sehingga mudah ditemukan.

  1. Konro Bakar Bumbu Kacang Cacaban
Konro Bakar Bumbu Kacang Cacaban
Konro Bakar Bumbu Kacang Cacaban

Konro merupakan makanan khas Sulawesi, tepatnya berasal dari Kota Makasar, lalu kenapa makanan ini ada di Magelang? Dari namanya, makanan ini merupakan sejenis konro Makasar yang sudah dimodifikasi dengan pemberian bumbu kacang. Anda bisa mencoba nikmatnya Konro Bakar yang dilengkapi dengan bumbu kacang di warung makan Cacaban. Warung ini mudah diakses karena terletak dekat dengan alun-alun kota. Selain Konro Bakar, Anda juga bisa memesan Sop Konro khas Magelang yang memiliki citarasa berbeda dengan Sop Konro Makasar.

  1. Mangut Lele Warung Purnama
Mangut Lele Warung Purnama
Mangut Lele Warung Purnama

Warung Purnama terkenal dengan Mangut Lele nya yang lezat. Mangut Lele sendiri merupakan salah satu makanan khas Magelang yang cukup terkenal. Warung ini sudah berdiri sejak lama sehingga memiliki banyak peminat setia dari waktu ke waktu. Mangut Lele adalah sejenis masakan lele yang berkuah santan dengan warna kuning karena mengandung kunyit. Biasanya makanan ini disajikan bersama sambal goreng yang dicampur dengan potongan tahu, cabe merah dan hijau, pete serta buncis. Selain Mangut Lele, Anda juga bisa mencoba Mangut Bawal yang lezat.

  1. Depot Es Semanggi
Depot Es Semanggi
Depot Es Semanggi

Satu lagi tempat jajan es yang menarik di Magelang, Depot Es Semanggi. Meskipun tempatnya berada di parkir basement area Matahari Department Store Magelang dan cukup sulit ditemukan karena tidak berada di pinggir jalan, warung es ini sangat ramai dipenuhi pengunjung setiap harinya. Salah satu menu andalan yang bisa Anda coba adalah Es Pleret, dimana es ini hanya ada di Jawa Tengah. Harga es disini cukup terjangkau meskipun tempatnya kecil sehingga pengunjung kerap berdesakan saat sedang banyak pembeli.

  1. Mangut Beong Warung Makan Sehati
Mangut Beong Warung Makan Sehati
Mangut Beong Warung Makan Sehati

Bukan hanya Mangut Lele, satu lagi jenis mangut yang terkenal di Magelang adalah Mangut Beong. Jika Mangut Lele terbuat dari ikan lele, Mangut Beong terbuat dari ikan Beong. Jadi yang membedakan keduanya adalah jenis ikan yang digunakan. Ikan Beong sendiri memiliki kemiripan bentuk dengan Ikan Lele karena sama-sama dari air tawar. Warung ini lokasinya dekat dengan Borobudur sehingga bisa dijadikan tempat singgah saat berlibur disana.

  1. Sop Senerek Pak Parto
Sop Senerek Pak Parto
Sop Senerek Pak Parto

Sop Senerek merupakan salah satu makanan khas Magelang yang sudah ada sejak zaman Belanda. Sebenarnya sop ini sama dengan sop lainnya, hanya saja kombinasi sayuran agak sedikit berbeda yaitu wortel, daun seledri, daun bawang, kentang dan kacang merah dilengkapi dengan daging sapi. Kacang merahnya merupakan keunikan yang ada pada sop ini dimana hal ini tidak ditemukan di sop-sop lainnya. Warung Pak Parto bisa Anda temukan di dekat Gunung Tidar. Suasana dekat pegunungn yang sejuk sangat cocok digabungkan dengan Sop Senerek yang hangat dan gurih.

  1. Warung Makan Roda Tiga
Warung Makan Roda Tiga
Warung Makan Roda Tiga

Jika Anda ingin makan makanan berbahan daging kambing, maka Warung Roda Tiga adalah tempat yang tepat. Disini memang tidak menyediakan makanan khas Magelang, namun warung ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan makanan khas Magelang yang mungkin belum terbiasa di lidah Anda. Disini Anda bisa menikmati tengkleng sumsum, sate goreng, tongseng, gule dan nasi goreng. Jadi para pecinta daging kambing wajib mencoba menu lezat yang ada disini.

Itulah beberapa tempat makan menarik di Magelang yang bisa Anda kunjungi baik untuk menikmati makanan khas Magelang maupun makanan yang bisa Anda temukan diluar Magelang. Di Tengah-tengah liburan Anda tentunya Anda perlu makan makanan yang lezat agar bisa melanjutkan aktivitas berlibur bersama keluarga. Dari mulai jajanan, minuman hingga makanan berat semua bisa Anda temukan disana. Tempat-tempat tersebut menyediakan makanan dengan harga yang cukup ramah di kantong dan rasa yang nikmat jadi sangat patut dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *